Indra Sjafri Beberkan Caranya Menyeleksi Pemain

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 17 51 2130938 indra-sjafri-beberkan-caranya-menyeleksi-pemain-pa2XRXUNGH.jpg Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri (Foto: PSSI)

BOGOR – Timnas Indonesia U-23 sebentar lagi akan mengikuti kompetisi penting, yakni SEA Games 2019 yang berlansgung di Filipina. Jelang perhelatan tersebut, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, nyatanya memiliki caranya sendiri dalam menyeleksi pemain.

Meski kejuaraan tersebut akan dihelat pada akhir November 2019, namun hingga saat ini Indra belum mengumumkan siapa saja pemain yang dipilihnya. Sebab, Indra mengaku sangat berhati-hati dalam melakukan seleksi. Indra bahkan melihat pengaruh golongan darah terhadap posisi pemain.

Baca juga: Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Iran Bikin Ketum PSSI Optimis

Timnas Indonesia U-22

Dalam SEA Games 2019, setiap negara peserta diperbolehkan membawa dua pemain senior. Untuk Timnas Indonesia, Indra akan mencoba memasukkan Alberto Goncalves. Sebab, selama ini yang kerap menjadi masalah bagi Timnas Indonesia U-23 adalah penyelesaian akhir. Maka dari itu, kehadiran Beto diharapkan bisa membuat Garuda Muda tampil tajam.

“Saya sudah kantongi hasil rekomendasi pengaruh golongan darah terhadap posisi pemain, DNA profil pemain melalui sidik jari, dan psikotes. Yang belum adalah hasil tes fisik di mana kami meminta Vo2 max pemain, dan hasil medikal cek up yang tinggal satu orang, yaitu Beto yang lagi dievaluasi oleh dokter,” papar Indra, melansir dari Goal, Minggu (17/11/2019).

“Setelah itu, kami secara maraton akan membedah satu per satu. kami akan umumkan 23 pemain dulu. Kenapa saya begitu selektif memilih pemain? Karena pemain yang boleh dibawa hanya 20, dan pertandingan sampai final itu tujuh kali dalam 14 hari. Jadi betul-betul pemain yang fit 100%,” lanjutnya.

Indra Sjafri

“Kalau memilih kapten, satu hasil psikotes, kedua DNA profile, ketiga golongan darah. Saya sudah mengantongi siapa saja yang bisa menjadi kapten. Ada tiga nama yang akan kami umunkan,” pungkas Indra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini