nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nishino Belum Berpikir Tanamkan Budaya Jepang ke Timnas Thailand

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 15:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 51 2129359 nishino-belum-berpikir-tanamkan-budaya-jepang-ke-timnas-thailand-JDaNeOnwTQ.jpg Akira Nishino belum mau menerapkan budaya Jepang sepenuhnya ke Timnas Thailand (Foto: Twitter/Changsuek)

KUALA LUMPUR – Empat bulan sudah Akira Nishino duduk di kursi kepelatihan Tim Nasioal (Timnas) Thailand. Hasil kerja keras pria berpaspor Jepang itu sudah terlihat dengan menduduki puncak klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Posisi tersebut cukup bagus untuk memasuki laga keempat, yakni tandang ke Stadion Bukit Jalil, markas Timnas Malaysia, Kamis 14 November 2019 malam WIB. Pada sesi konferensi pers, Akira Nishino mengakui dirinya belum berpikir untuk menanamkan budaya khas Jepang ke dalam kesebelasan asuhannya.

Timnas Thailand sukses menumbangkan UEA 2-1 pada laga terakhir

Baca juga: Timnas Malaysia Waspadai Gaya Baru Thailand Racikan Nishino

Kendati demikian, secara perlahan ia mulai menerapkan kebiasaan dalam melatih seperti ketepatan waktu. Akira Nishino mengakui sudah bukan masanya dia menerapkan aturan-aturan yang kaku. Namun, jika anak asuhnya merasa nyaman dengan cara tersebut, pria berusia 64 tahun itu akan mempertimbangkan ulang.

“Saya tidak terlalu memikirkan soal hasil-hasil di masa lalu. Yang penting adalah bagaimana kami bisa terus berkembang. Salah satunya adalah dengan regulasi di dalam tim. Sebagai sebuah tim, kami harus punya aturan-aturan,” tutur Akira Nishino, dikutip dari laman resmi Federasi Sepakbola Thailand, Rabu (13/11/2019).

“Sekarang saya meminta semua pemain dan staf untuk tepat waktu serta melarang mereka memakai ponsel saat bersama. Sejujurnya, saya tidak berpikir membawa budaya Jepang ke semua tim. Saya berusaha lebih fleksibel. Namun, jika anak-anak merasa nyaman dengan metode saya, kenapa tidak?” sambung pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 itu.

Akira Nishino ingin melihat dulu respons penggawa Timnas Thailand mengenai metodenya (Foto: Twitter/Changsuek)

Usai menghadapi Malaysia, Timnas Thailand asuhan Akira Nishino akan bertandang ke Vietnam, tim yang mengimbangi mereka tanpa gol di Bangkok pada September 2019. Kemenangan pada dua laga tersebut akan memuluskan langkah Changsuek untuk lolos ke babak berikutnya sekaligus Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini