nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Menarik Kemenangan 3-1 Liverpool atas Manchester City

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 11 November 2019 12:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 11 45 2128271 5-fakta-menarik-kemenangan-3-1-liverpool-atas-manchester-city-75Xcjaze1T.jpg Liverpool vs Manchester City (Foto: Sportskeeda)

LIVERPOOL memiliki potensi besar untuk menjuarai Liga Inggris musim ini. Kemenangan mereka atas rival terberatnya yakni Manchester City menjadi salah satu hasil penting untuk bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Inggris.

Bermain di hadapan publik sendiri, Senin (11/11/2019) dini hari WIB, Liverpool berhasil menumbangkan Man City dengan skor 3-1. Akan tetapi kemenangan tersebut diikuti beberapa insiden kontroversial yang menyeret dua gol Liverpool di laga tersebut.

Belum lagi kemarahan pelatih Man City yakni Pep Guardiola yang memprotes keputusan wasit dan juga Video Assistant Referee (VAR). Lalu apa saja yang membuat laga semalam begitu menarik. Berikut lima poin menarik dari kemenangan Liverpool atas Man City.

5. Absennya Ederson

Keberadaan Ederson jelas sangat penting. Pada laga kali ini ia harus absen karena sempat mengalami cedera saat menghadapi Atalanta di Liga Champions pertengahan pekan lalu. Posisinya pun digantikan Claudio Bravo yang sejatinya tidak buruk, tetapi khusus melawan Liverpool, kehadiran Ederson dirasa lebih penting.

Kiper berpaspor Brasil itu dianggap lebih ahil dalam menghentikan tembakan dan mampu membaca permainan. Selain itu, salah satu faktor pembeda adalah distribusi bola yang mampu membuat rekannya bisa menekan lawan lebih jauh. Hal ini tidak mampu dliakukan oleh Bravo saat bertamu ke markas Liverpool.

Liverpool vs Manchester City

4. Kontribusi Wijnaldum

Kontribusi gelandang berpaspor Belanda tersebut akan sangat diingat ketika ia selalu mencetak gol pada menit akhir. Namun, kali ini ia hampir berada di mana-mana untuk berada di posisi yang tepat. Entah untuk membunuh serangan atau menahan serangan lawan.

Ia berspesialisasi dalam menjaga bola di ruang sempit melawan Ilkay Gundogan dan Rodrigo. Ia mampu berkembang karena ia hampir di setiap kesempatan mampu melewati mereka dan memberi kontribusi nyata di depan untuk Firmino dan Mane. Tak hanya itu, dari sisi pertahanan ia juga menyusahkan Kevin De Bruyne untuk berkembang pesat. Ini penting karena De Bruyne bisa menjadi ancaman besar bagi Liverpool.

Liverpool vs Manchester City

3. Liverpool Mampu Memanfaatkan Peluang

Liverpool sendiri terbilang tidak bisa berbuat banyak ketika menekan Man City. Mereka hanya berhasil melakukan lima tembakan ke gawang, tetapi mampu menyarangkan gol pada tiga kesempatan itu. Ancaman dari Liverpool memang konstan tetapi peluang yang didapat sebenarnya sedikit.

Man City menghabiskan sebagian besar dengan menekan pertahanan Liverpool. Sementara Liverpool hanya beberapa kali mencuri peluang. Bahkan gol pertama bahkan Liverpool tidak benar-benar mendapat kesempatan, tetapi Fabinho mampu memanfaatkan situasi tersebut. Seandainya Man City lebih klinis, kita mungkin akan melihat permainan yang sangat berbeda.

Liverpool vs Manchester City

2. Gempuran Man City yang Nihil

Biasanya, ketika Manchester City kalah atau seri, mereka sering kesulitan untuk mendapatkan peluang atau sulit menembus pertahanan lawan. Namun dalam kasus ini, mereka memiliki 18 tembakan ke arah Liverpool.

Beberapa pemain seperti Sergio Aguero dan Raheem Sterling memiliki peluang besar untuk mencetak gol. Akan tetapi sang juara bertahan gagal memanfaatkan peluang terbaik yang mereka buat. Bahkan bisa dibilang itu menjadi malam yang frustrasi bagi Kevin De Bruyne yang bekerja tanpa lelah untuk membuat umpan manis, tetapi tidak dapat terwujud gol.

Liverpool vs Manchester City

1. Gol Pertama Liverpool

Poin pembicaraan terbesar dalam pertandingan semalam adalah gol cepat Liverpool yang dicetak Fabinho. Pada menit-menit awal, insiden besar terjadi di kotak penalti Liverpool ketika Trent Alexander-Arnold menyentuh bola dengan lengannya. Meski sempat dipantau kembali lewat VAR, tetapi wasit tetap menyatakan tidak ada handballs.

Setelah situasi tersebut, Liverpool berhasil mencetak gol pertamanya lewat tendangan apik Fabinho. Tentu ini sedikit menjadi kerugian bagi tim tamu karena bisa saja jika wasit memberikan penalti untuk Man City, maka mereka akan memiliki keunggulan awal dari Liverpool.

Liverpool vs Manchester City

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini