nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diawali di Chelsea, Karier Mason Mount Ditempa Masa Peminjaman

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 45 2127431 diawali-di-chelsea-karier-mason-mount-ditempa-masa-peminjaman-3n38Atg2Ih.jpg Mount saat bekerja sama dengan Lampard di Derby County. (Foto: Premierleague.com)

NAMA Mason Mount tengah menjadi buah bibir publik Inggris belakangan ini. Apalagi kalau bukan penampilan ciamiknya bersama Chelsea. Pemain yang lahir dengan nama lengkap Mason Tony Mount itu tidak mencapai posisinya sekarang dengan mudah.

Mason Mount lahir di Portsmouth pada 10 Januari 1999. Seperti layaknya pesepakbola lain, kariernya diawali dengan masuk ke akademi klub. Sebelum masuk ke akademi, Mason Mount bermain di klub-klub lokal sekitaran Portsmouth, Inggris Selatan, sejak usia empat tahun.

Mason Mount

(Mason Mount saat membela tim muda Chelsea)

Ia pernah menjalani trial selama sepekan di tiga akademi berbeda, yakni Portsmouth, Southampton, dan Chelsea ketika berusia empat tahun. Akademi Chelsea akhirnya dipilih sang bocah untuk menuntut ilmu sepakbola ketika usianya enam tahun pada 2005.

Kemampuan sepakbolanya terasah dengan baik selama tujuh tahun di akademi Chelsea sebelum mulai debut bersama tim U-18 pada musim 2013-2014. Padahal, saat itu dirinya masih berada di kelompok usia U-15. Usia yang lebih muda tidak menghalanginya untuk tampil hebat.

Sepanjang musim 2016-2017, Mason Mount bermain untuk dua kelompok usia berbeda, yakni Tim U-18 dan U-21. Dalam 30 penampilan tersebut, ia berhasil mencetak 10 gol. Sadar dengan bakat besar sang pemain, Chelsea langsung mengikat kontrak profesional selama lima tahun pada 2017 ketika usianya genap 18 tahun.

Usai memperpanjang kontrak, Mason Mount tidak serta merta masuk tim utama Chelsea. Ia harus menjalani peminjaman ke Vitesse yang menjalin kerjasama dengan klub London Barat tersebut selama satu musim, tepatnya pada 2017-2018. Mount total tampil 39 kali dan mengemas 14 gol selama bersekolah di Belanda.

Semusim kemudian (2018-2019), Mason Mount kembali dipinjamkan Chelsea, kali ini ke Derby County. Salah satu penampilan yang menonjol adalah ketika dirinya membantu The Rams menyingkirkan Manchester United dari babak ketiga Piala Liga Inggris 2018-2019 di Stadion Old Trafford!

Derby County yang diasuh Frank Lampard begitu percaya dengan kemampuan Mason Mount. Sempat menepi dua bulan akibat cedera hamstring, ia total menorehkan delapan gol dalam 35 penampilan bersama klub tersebut.

Mason Mount

Peruntungannya bersama Chelsea mulai berubah ketika klub dijatuhi larangan transfer selama dua tahun. Kebetulan pula, tongkat kepelatihan beralih dari Maurizio Sarri ke Frank Lampard. Pelatih berkebangsaan Inggris itu lantas menerapkan kebijakan ekstrem, yakni mengandalkan pemain-pemain muda, termasuk Mason Mount.

Chelsea memberikan kontrak baru untuk Mason Mount pada 15 Juli 2019 yang akan mengikatnya hingga Juni 2023 di London. Frank Lampard yang sudah tahu dengan potensinya selama di Derby County, memberi kepercayaan penuh bagi sang pemain untuk tampil dalam 11 pekan Liga Inggris 2019-2020.

Infografis Mason Mount

Dari 11 pekan tersebut, ia selalu turun sebagai starter dan tampil penuh. Mason Mount hanya dua kali diganti di tengah pertandingan, yakni ketika menghadapi Southampton dan Newcastle United. Sementara di Liga Champions, ia sudah tiga kali tampil meski baru dua kali muncul sebagai starter dan satu kali bermain penuh.

Jika ditotal hingga 9 November 2019, Mason Mount sudah mengukir empat gol dan dua assist dalam 16 penampilan di semua kompetisi. Bukan tidak mungkin catatan itu akan bertambah mengingat dirinya begitu diandalkan oleh Frank Lampard di lini serang Chelsea.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini