nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangani Man United, Formasi Apa yang Digunakan Allegri?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 12:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 51 2118115 tangani-man-united-formasi-apa-yang-digunakan-allegri-Mrs4fwyKhq.jpg Allegri mungkin segera jadi pelatih Man United. (Foto: REUTERS)

MANCHESTER – Pelatih kawakan asal Italia, Massimiliano Allegri, disebut-sebut bakal ditunjuk sebagai juru taktik Manchester United dalam waktu dekat. Andai Man United kalah dari Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Inggris 2019-2020, Minggu 20 Oktober 2019 malam WIB, Allegri akan menggantikan posisi pelatih Man United yang saat ini ditempati Ole Gunnar Solskjaer.

Agar cepat beradaptasi dengan suasana Kota Manchester, Allegri dilaporkan sedang intens berlatih berbahasa Inggris. Dalam pengakuan Allegri, penting bagi dirinya untuk menguasai bahasa tempat di mana ia akan melatih.

Massimiliano Allegri

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika jadi menangani Man United, formasi apa yang akan digunakan Allegri? Pola 4-3-3 adalah formasi andalan Allegri sewaktu menangani AC Milan dan Juventus.

BACA JUGA: Dikaitkan dengan Man United, Allegri: Saya Belum Lancar Berbahasa Inggris

Pola tersebut total menghadirkan enam trofi Liga Italia bagi Milan dan Juventus. Meski begitu, Allegri dikenal sebagai pelatih yang tidak terpaku dengan satu formasi. Ketika formasi andalannya mandek dalam sebuah pertandingan, ia bisa tiba-tiba mengubah pola permainannya.

Formasi 3-4-3 dan 3-5-2 bukan tak mungkin juga bakal diterapkan Allegri bersama Man United. Pola 3-4-3 pernah sukses besar ketika digunakan pelatih Italia lain, Antonio Conte, bersama Chelsea pada Liga Inggris 2016-2017. Hasilnya Chelsea sempat meraih 13 kemenangan beruntun dan di akhir musim keluar sebagai juara.

Conte bersama presiden Inter

(Conte sukses dengan pola 3-4-3)

Karena itu, menarik menanti kelanjutan siapa pelatih Man United selanjutnya. Dalam beberapa minggu terakhir, Solskjaer disebut-sebut mendapat jaminan dari manajemen Man United. Solskjaer diharapkan dapat membangun Man United dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Hanya saja, apa pun bisa terjadi di sepakbola, termasuk melihat Allegri duduk di kursi pelatih Man United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini