nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Alasan Jumlah Gol Messi Lebih Banyak ketimbang Ronaldo saat Putuskan Pensiun

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 12:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 17 51 2118103 3-alasan-jumlah-gol-messi-lebih-banyak-ketimbang-ronaldo-saat-putuskan-pensiun-OsopXTu00f.jpg Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (Foto: AFP)

NAMA Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu menjadi perbincangan hangat di dunia sepakbola. Selama satu dekade lebih, dua pemain ini berhasil meramaikan jagat sepakbola dengan pemberitaan yang kerap menggambarkan persaingan ketat.

Terlepas dari persaingan ketat tersebut, kedua pemain memang memiliki kualitas yang luar biasa dalam dunia sepakbola. Hal itu dapat ditunjukkan dari banyaknya gol yang bisa disumbang mereka ke tiap tim yang dibela. Ronaldo sendiri bahkan baru saja membukukan gol ke-700 saat memperkuat Tim Nasional (Timnas) Portugal melawan Ukraina, beberapa hari lalu.

Sementara Messi, kualitasnya dalam mencetak gol telah membawanya meraih trofi keenam sepatu emas Eropa pada Kamis (17/10/2019) dini hari WIB. Penghargaan ini diraih setelah La Pulga –julukan Messi– mencetak 36 gol di ajang Liga Spanyol musim lalu.

Torehan gol kedua pemain ini pun dipastikan masih akan terus bertambah mengingat performa mereka yang belum meluntur. Tetapi, banyak pihak yang meyakini bahwa catatan gol Messi akan lebih unggul dari Ronaldo saat memutuskan pensiun. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penilaian ini. Okezone pun akan membahasnya, sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Kamis (17/10/2019), berikut tiga alasan tersebut.

3. Umur

Faktor ketiga yang mempengaruhi penilaian bahwa jumlah gol Messi akan lebih banyak ketimbang Ronaldo saat putuskan pensiun adalah umur. Messi diketahui berusia dua tahun lebih muda dari Ronaldo. Dengan kondisi ini, Messi pun dipercaya bakal bermain jauh lebih lama ketimbang Ronaldo.

Penampilan Lionel Messi

Dengan memiliki waktu yang lebih lama dalam berkarier di dunia sepakbola, Messi tentu saja bisa mencetak gol jauh lebih banyak lagi daripada Ronaldo. Kondisi inilah yang membuat banyak pihak meyakini catatan gol penyerang asal Argentina itu akan lebih unggul dari rival terberatnya.

2. Performa di Beberapa Musim Terakhir

Faktor selanjutnya adalah performa di beberapa musim terakhir. Ronaldo dan Messi harus menjalani musim dengan cara yang berbeda dalam beberapa musim terakhir. La Pulga masih terus tampil gemilang dan mencetak banyak gol untuk Barcelona. Sementara Ronaldo, ia agak meredup sejak memutuskan untuk hijrah ke Juventus.

Cristiano Ronaldo

Kegemilangan Messi yang belum meluntur di Barcelona dibuktikan dengan banyaknya gol yang dibukukan setiap musimnya. Musim lalu, ia bahkan mencatatkan 51 gol dari 50 pertandingan di berbagai kompetisi bersama Barcelona. Berkat torehan gol yang fantastis, Messi berhasil menyabet beberapa penghargaan, Pemain Terbaik FIFA 2019 dan sepatu emas Eropa.

Kondisi ini cukup berbanding terbalik dengan Ronaldo. Musim pertamanya di Juventus berjalan sulit pada tahun lalu. Kondisi ini pun diyakini bakal berlanjut ke musim ini dan kemungkinan ke musim depan. Dengan begitu, Ronaldo pun kemungkinan besar bakal kalah dari Messi dalam mencetak gol.

1. Rasio Gol yang Lebih Baik di Setiap Pertandingan

Alasan terakhir adalah rasio Messi yang dinilai lebih baik ketimbang Ronaldo di setiap pertandingan. Saat ini, Messi tertinggal 28 gol di belakang Ronaldo. CR7 –julukan Ronaldo– telah mengelola 700 gol dari 974 pertandingan di semua kompetisi dalam kariernya, sementara Messi mencetak 672 gol dari 828 pertandingan untuk Barcelona dan Timnas Argentina.

Penampilan Lionel Messi

Messi rata-rata mencetak 0,81 gol per pertandingan dalam kariernya, sementara Ronaldo memiliki rata-rata sedikit lebih rendah, yakni 0,72 gol per laga. Tetapi saat bermain dengan timnas, penyerang asal Portugal lebih unggul ketimbang Mess dengan rasio 0,59 gol per pertandingan, sementara Messi rata-rata 0,5 gol per pertandingan untuk Argentina.

Tetapi, dari segi klub, Messi berada di posisi yang jauh lebih unggul, yakni 0,87 gol per laga. Sementara Ronaldo, ia mencatatkan rasio 0,75 gol per pertandingan. Karena rasio gol per pertandingan yang lebih baik, banyak pihak meyakini Messi akan mengakhiri kariernya dengan catatan gol yang lebih banyak daripada Ronaldo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini