nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asisten Klopp Beberkan Kunci Sukses sang Bos di Liverpool

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 10:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 09 45 2114620 asisten-klopp-beberkan-kunci-sukses-sang-bos-di-liverpool-N3yBSEzXYT.jpg Klopp saat diperkenalkan sebagai pelatih Liverpool pada 8 Oktober 2015. (Foto: @LFC)

LIVERPOOL – Jurgen Klopp merayakan hari jadinya yang keempat tahun membesut Liverpool pada Selasa 8 Oktober 2019. Selama empat tahun menangani Liverpool, Klopp menghadirkan dua trofi bagi publik Stadion Anfield. Sebut saja trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Meski hanya meraih dua trofi dalam empat musim kepelatihan, catatan itu terhitung istimewa. Sebab, Klopp telah mengembalikan Liverpool kembali ke percaturan papas atas Inggris bahkan Eropa. Ketika Klopp datang pada 2015, Liverpool bisa dibilang hanyalah tim papan tengah di Inggris.

Jurgen Klopp

Namun, perlahan-lahan di bawah arahan Klopp, The Reds –julukan Liverpool– berkembang. Setelah menjadi finalis Liga Champions 2017-2018, Liverpool meraih trofi tersebut semusim kemudian. Sementara itu pada musim lalu, Liverpool hampir menjadi jawara Liga Inggris setelah hanya terpaut satu poin dari tim kampiun, Manchester City.

BACA JUGA: Ini Kendala yang Harus Dihadapi Man City untuk Memangkas Jarak dengan Liverpool

Setelah gagal musim lalu, Liverpool berpotensi menjadi yang terbaik di Liga Inggris 2019-2020. Sebab, hingga pekan kedelapan, Mohamed Salah dan kawan-kawan telah mengoleksi 24 angka, unggul delapan poin dari Manchester City di posisi dua.

Asisten Klopp sejak 2001, Peter Krawietz, pun mengungkap kunci sukses Klopp bersama Liverpool. Pria 52 tahun itu menilai, Klopp sangat detail dengan hal sekecil apa pun.

Jurgen Klopp

“Hasil yang dicapai Liverpool sejauh ini merupakan tantangan bagi kami. Sekarang tinggal bagaimana kami menjaga level kami tetap tinggi dan selalu melihat detail kecil,” kata Krawietz mengutip dari Sportskeeda, Rabu (9/10/2019).

“Sebagai contoh musim ini ada aturan baru tentang tendangan gawang. Dengan ini, kami harus memikirkan lagi detailnya dan membuatnya tetap menarik. Kami akan berusaha mempertahankan level kami,” tutup pria yang menjadi asisten Klopp di Mainz, Dortmund dan Liverpool itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini