nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muller Pernah Pegang Rekor Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Tahun Kalender Masehi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 11:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 51 2107432 muller-pernah-pegang-rekor-pencetak-gol-terbanyak-dalam-1-tahun-kalender-masehi-hmzBSCiOx0.jpg Gerd Muller. (Foto: Laman Liga Jerman)

SEPANJANG berarier sebagai pesepakbola, Gerd Muller telah mencatatkan berbagai rekor prestisius yang membuat namanya diperhitungkan sebagai penyerang top dunia. Salah satu yang akan selalu dikenang adalah Muller pernah memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender masehi.

Rekor tersebut dibuat Muller pada tahun 1972. Kala itu, sang legenda sepakbola Jerman berhasil membukukan 85 gol. Perlu diketahui, 1972 merupakan salah satu tahun keemasan Muller sebagai pesepakbola. Sebab, di musim tersebut ia menorehkan sejumlah prestasi apik.

BACA JUGA: Lionel Messi Pecahkan Rekor Gol Gerd Muller

Pada 1972 Muller berhasil mengantarkan Bayern Munich menjuarai Liga Jerman dan ia sendiri didapuk sebagai top skor turnamen lantaran menorehkan 40 gol. Pada tahun yang sama, ia juga mengantarkan Timnas Jerman Barat menjuarai Piala Eropa.

Gerd Muller

Tidak hanya itu, dalam gelaran Piala Eropa 1972 tersebut, Muller juga mencatatkan diri sebagai top skor karena sukses melesakkan empat gol. Pada tahun itu, Muller benar-benar menggila. Dan pada tahun-tahun berikutnya, banyak pihak yang menganggap mustahil untuk melewati rekor 85 gol yang dibuat Muller tersebut dalam satu kalender masehi.

Kendati demikian, rekor 85 gol Muller tersebut pada akhirnya pecah juga 40 tahun kemudian, tepatnya pada 2012. Adalah pemain andalan Barcelona, Lionel Messi, yang melakukannya. Di sepanjang tahun 2012, Messi pasalnya berhasil membukukan 86 gol.

Pada tahun 2012 tersebut, Messi bisa dibilang tengah dalam performa puncaknya. Meski gagal membawa Barcelona juara Liga Spanyol 2011-2012, namun Messi keluar sebagai top skor turnamen tersebut dengan 50 gol. Pada musim tersebut, Messi juga didapuk sebagai top skor Liga Champions dengan 14 gol.

Gerd Muller

Kehadiran Messi di dunia sepakbola bisa dibilang menjadi perusak bagi rekor-rekor yang telah ditorehkan Muller. Karena selain rekor gol terbanyak dalam satu kalender masehi tersebut, Messi juga berhasil melampaui capaian Muller lainnya.

Sebelum ini, Muller tercatat sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol untuk satu klub di lima liga top Eropa, yakni 365 gol untuk Bayern Munich. Akan tetapi, rekor tersebut dipecahkan Messi pada 2018. Saat menghadapi Levante dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2017-2018, Messi mencetak gol ke-366-nya untuk Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini