nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal-usul Gerd Muller Dijuluki Der Bomber

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 09:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 51 2107403 asal-usul-gerd-muller-dijuluki-der-bomber-r7ouNUZPup.jpg Gerd Muller amat tajam di mulut gawang sehingga dijuluki Der Bomber (Foto: Bundesliga)

JIKA berbicara mengenai deretan penyerang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola, nama legenda Jerman, Gerd Muller, tentunya tak bisa dikesampingkan. Karena, sepanjang kariernya sebagai pesepakbola, Muller telah banyak sekali membukukan rekor atas gol-golnya, hingga ia mendapat julukan Der Bomber.

Julukan Der Bomber diambil dari Bahasa Jerman yang memiliki arti pengebom. Dalam hal ini, sosok Muller yang berposisi sebagai penyerang kerap diidentifikasi sebagai seorang pengebom karena teror yang ia berikan ke gawang lawan, Muller adalah sosok yang membombardir gawang lawan dengan gol-golnya.

Julukan tersebut tentunya bukan secara asal-asalan diberikan. Sebab, Muller memang merupakan sosok striker yang sangat tajam. Ketajaman Muller bahkan sudah terlihat sejak dirinya masih remaja. Saat bermain untuk klub kota kelahirannya, TSV 1861 Nordlingen, Muller berhasil melesakkan 180 gol selama lima tahun berkiprah di tim junior.

Gerd Muller amat tajam di mulut gawang

Tentu saja, itu masih permulaan saja, karena teror sesungguhnya yang dihadirkan Muller baru ia tunjukkan saat membela Bayern Munich pada medio 1964-1979. Tercatat, selama 15 musim berseragam Bayern, Muller telah menjebol gawang lawan sebanyak 566 kali dalam 607 penampilannya.

Catatan tersebut membuat Muller didapuk sebagai pencetak gol terbanyak bagi Bayern sepanjang masa. Hingga saat ini, belum ada pemain lain yang melampaui catatan tersebut. Selain itu, Muller juga tercatat sebagai top skor Liga Jerman sepanjang masa.

Selama berkiprah di Liga Jerman, Muller telah membukukan 365 gol dalam 427 pertandingan yang dilaluinya. Selain itu, Muller pun telah didapuk sebagai top skor di turnamen tersebut dalam 11 musim berbeda.

Infografis Gerd Muller

Selain di level klub, ketajaman Muller juga telah teruji bersama Timnas Jerman Barat. Muller sempat mencatatkan diri sebagai top skor sepanjang masa Timnas Jerman dengan koleksi 68 gol hanya dari 62 penampilan.

Kendati demikian, rekor tersebut mampu dipecahkan oleh Miroslav Klose pada 2014. Klose mencetak golnya yang ke-69 untuk Timnas Jerman kala itu saat berhadapan dengan Armenia di laga persahabatan. Akan tetapi, Klose membutuhkan 123 kali penampilan bersama Der Panzer untuk melampaui rekor gol Muller.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini