nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

McMenemy: Thailand Tetap Berbahaya meski Tampil dengan 10 Orang

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 15:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 51 2102985 mcmenemy-thailand-tetap-berbahaya-meski-tampil-dengan-10-orang-8S7OsjuO0r.jpg Timnas Thailand kelar laga kontra Vietnam. (Foto: @Changsuek_TH)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Simon McMenemy, menyebut Thailand sebagai tim berbahaya. Bahkan juru taktik berpaspor Skotlandia itu mengatakan, skuad Gajah Perang tetap tampil atraktif meski hanya diperkuat 10 pemain sekali pun.

Dasar penilaian McMenemy itu kelur setelah melihat dominasi Thailand yang tak tertahankan di percaturan sepakbola Asia Tenggara. Meski dalam dua tahun terakhir dominasi Thailand mulai digeser Vietnam, tim Negeri Gajah Putih tetap dikategorikan sebagai tim terkuat di Asia Tenggara.

Timnas Thailand

Sejumlah pemain yang berkiprah di luar negeri berandil besar atas performa impresif Thailand. Tercatat sejumlah pemain Thailand mencari nafkah di luar negaranya. Beberapa di antaranya adalah Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo), Theerathon Bunmathan (Yokohama Marinos) dan Kawin Thamsachanan (OH Leuven).

BACA JUGA: Hadapi Indonesia, Timnas Thailand Gunakan Pola 4-2-3-1?

Bahkan mereka tak sekadar menghangatkan bangku cadangan, namun juga berstatus sebagai pemain andalan. Ambil contoh Chanathip yang telah mencetak empat gol dan enam assist dari 21 penampilan bersama Consadole di Liga Jepang 2019.

“Saya pikir Thailand biar pun hanya diperkuat 10 pemain akan tetap berbahaya, talenta mereka sangat luar biasa, punya teknik yang sangat bagus, mereka akan membuat lawan mereka kesulitan. Beberapa pemain mereka punya pengalaman bermain di luar negeri. Tantangannya akan selalu berbeda ketika melawan Thailand, strategi harus lebih baik karena mereka memberikan tantangan yang menarik," kata McMenemy mengutip dari Goal, Selasa (10/9/2019).

Simon McMenemy

"Terpenting kami bisa fokus selama 90 menit, kami tidak terintimdasi dengan kualitas Thailand, meski kami tahu rekor kami tidak bagus ketika berjumpa Thailand. Akan tetapi, para pemain saya sudah sangat siap untuk berjuang mati-matian,” lanjut pelatih yang membawa Bhayangkara FC jawara Liga 1 2017 tersebut.

Untuk meraih kemenangan di laga kontra Thailand, pelatih McMenemy berpotensi mengubah formasi andalannya dari 4-2-3-1 menjadi 4-4-2. Dengan memainkan lebih banyak penyerang di depan, peluang Indonesia untuk membobol gawang Thailand semakin terbuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini