nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Indonesia, Timnas Thailand Gunakan Pola 4-2-3-1?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 12:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 10 51 2102879 hadapi-indonesia-timnas-thailand-gunakan-pola-4-2-3-1-m568QLjya8.jpg Skuad Timnas Thailand saat hendak terbang ke Jakarta. (Foto: @Changsuek_TH)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand, Akira Nishino, berpotensi menurunkan pola 4-2-3-1 saat timnya menghadapi Indonesia nanti malam. Juru taktik 64 tahun itu dipercaya bakal mengubah strategi bermain timnya setelah di laga pertama hanya bermain 0-0 kontra Vietnam.

Nishino yang berstatus sebagai pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2018, terkenal mengandalkan dua pola yakni 4-4-2 dan 4-2-3-1. Ketika menghadapi Vietnam, Nishino menurunkan pola 4-4-2.

Timnas Thailand

Namun, uniknya saat itu posisi penyerang kembar dipercayakan kepada dua pemain yang memiliki posisi asli sebagai gelandang yakni Supachok Sarachat dan Thitiphan Puangchan. Hasilnya tidak optimal, yang mana daya ledak Supachok dan Thitiphan tidak setajam pemain yang biasa mentas sebagai ujung tombak.

BACA JUGA: Thailand Paceklik Gol, Kesempatan Timnas Indonesia Unjuk Gigi

Berhubung Nishino membawa banyak gelandang dan hanya menyertakan satu penyerang dalam lawatan ke Indonesia, pelatih yang membawa Gamba Osaka kampiun Liga Champions Asia 2008 itu berpotensi menurunkan pola 4-2-3-1. Apalagi, Thailand dikenal sebagai tim yang mengandalkan serangan dari tengah, bukan dari sayap.

Dalam pola tersebut, peran Chanathip Songkrasin akan sangat krusial. Playmaker milik Consadole Sapporo itu berperan penting akan sukses tidaknya sokongan bola yang ditujukan kepada penyerang Supachai Jaided.

Chanathip Songkrasin

(Chanathip Songkrasin wajib diwaspadai Indonesia)

Selain itu, deretan gelandang Thailand juga memiliki peran penting. Sarach Yooyen yang disebut-sebut sebagai Xavi Hernandez-nya Asia Tenggara itu wajib dimatikan pergerakannya oleh personel Timnas Indonesia.

Berikut prakiraan susunan pemain Thailand vs Indonesia:

(4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen: Tristan Do, Manuel Bihr, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen, Tanaboon Kesarat; Supachok Sarachart, Sivakorn Tiatrakul, Chanathip Songkrasin; Supachai Jaided.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini