nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Kalah dengan Pola 4-2-3-1, McMenemy Ubah Strategi Timnas Indonesia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 51 2101458 kerap-kalah-dengan-pola-4-2-3-1-mcmenemy-ubah-strategi-timnas-indonesia-wW1dSpAYK3.jpg Beto (kiri) mesin gol Timnas Indonesia. (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTATim Nasional (Timnas) Indonesia mengalami kekalahan kedua, dari empat laga di bawah Simon McMenemy. Kekalahan kedua itu didapat Indonesia dari Malaysia dengan skor 2-3, di matchday pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis 5 September 2019 malam WIB.

Uniknya tiap kali Indonesia mengalami kekalahan, McMenemy sedang mengandalkan pola 4-2-3-1. Sebelumnya, Indonesia kalah 1-4 dari Yordania dalam laga uji coba yang berlangsung pada 11 Juni 2019, juga dengan pola 4-2-3-1.

Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Kalah dari Malaysia

Pola di atas sebenarnya pernah memberikan kemenangan bagi Indonesia, tepatnya saat menang 2-0 atas Myanmar pada medio Maret 2019. Meski begitu, perubahan layak dilakukan McMenemy. Sebab, pola permainan Indonesia benar-benar telah terbaca lawan di laga kontra Malaysia.

BACA JUGA: Thailand Tak Kunjung Menang, Indonesia Miliki Peluang

Karena itu, tidak ada salahnya jika McMenemy yang berpaspor Skotlandia mengandalkan pola 4-4-2. Pola tersebut sempat digunakan McMenemy saat Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu 15 Juni 2019.

Saat itu, permainan sayap Indonesia yang dipimpin Andik Vermansah begitu taktis. Andik begitu nyaman melepaskan umpan-umpan silang yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Beto Goncalves. Sekadar mengingatkan, Beto menjadi bintang kemenangan Indonesia di laga tersebut lewat empat gol yang dicetak.

Kebetulan, lawan Indonesia selanjutnya adalah Thailand, tim yang tidak terlalu piawai dalam mengantisipasi umpan silang. Masih ingat dalam ingatan, Thailand kerap dibobol Indonesia lewat umpan-umpan silang.

Momen itu terjadi di Fase Grup A Piala AFF 2016. Meski Indonesia takluk 2-4, dua gol skuad Garuda yang dilesakkan Lerby Eliandri dan Boaz Solossa tercipta lewat umpan silang.

Hansamu Yama

(Hansamu Yama saat bobol gawang Thailand di Piala AFF 2016. Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

Kemudian saat menang 2-1 atas Thailand di leg I final Piala AFF 2016, giliran gol pertama Indonesia yang diciptakan Hansamu Yama via sundulan, memanfaatkan situasi set piece. Karena itu, bukan tak mungkin pola 4-4-2 akan diturunkan McMenemy di laga kontra Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini