nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bicara soal Waktu Penutupan Bursa Transfer, 20 Klub Liga Inggris Adakan Rapat

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 09:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 03 45 2099952 bicara-soal-waktu-penutupan-bursa-transfer-20-klub-liga-inggris-adakan-rapat-OUmcLpRogN.jpg Liverpool jelang tampil di Comunnity Shield 2019. (Foto: @LFC)

LONDON – Sebanyak 20 perwakilan klub kontestan Liga Inggris 2019-2020 akan mengadakan rapat pada Kamis 5 September 2019. Rapat itu diadakan untuk membicarakan waktu penutupan bursa transfer musim panas Liga Inggris yang berbeda dengan kompetisi elite Eropa lainnya.

Sekadar informasi, bursa transfer masuk Liga Inggris sudah ditutup sejak Kamis 8 Agustus 2019. Akibatnya sejak waktu tersebut, klub-klub Liga Inggris sudah tak bisa lagi mendatangkan pemain baru, kecuali pesepakbola yang tidak terikat kontrak dengan klub lain.

Manchester City

(Man City tak bisa berbelanja pemain sejak 8 Agustus 2019)

Namun, di sisi lain klub-klub Liga Inggris masih berpotensi kehilangan pemain-pemain mereka. Sebab, kompetisi-kompetisi elite Eropa lainnya seperti Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis baru menutup aktivitas transfer mereka pada Senin 2 September 2019.

BACA JUGA: Man United Kembali Urung Menang, Solskjaer: Ini Baru Awal Musim

Alhasil, sejumlah pemain yang mentas di Liga Inggris masi hbisa berpindah klub lewat tanggal 8 Agustus 2019. Beberapa di antaranya adalah Henrikh Mkhitaryan yang meninggalkan Arsenal demi gabung AS Roma dan Chris Smalling (Manchester United ke Roma).

Kondisi di atas jelas merugikan klub-klub Liga Inggris. Ambil contoh Liverpool yang hampir kehabisan stok kiper cadangan setelah Alisson Becker mengalami cedera betis. Beberapa hari setelah Alisson cedera, kiper kedua Liverpool Adrian juga mengalami masalah pada engkelnya dan berpotensi absen di laga Southampton vs Liverpool.

Adrian San Miguel

(Adrian sempat alami cedera ringan)

Jika saat itu Adrian absen, Liverpool mau tidak mau menurunkan kiper minim pengalaman, Andy Lonergan di ajang sekelas Liga Inggris. Beda halnya jika bursa transfer masuk saat itu masih dibuka, di mana Liverpool masih bisa mendatangkan kiper anyar untuk menjadi pelapis Adrian.

Karena itu, rapat nanti juga akan diadakan voting. Federasi Sepakbola Inggris (FA) akan mengikuti waktu penutupan bursa transfer di liga-liga lain asalkan dalam voting nanti, minimal 11 klub Liga Inggris setuju dengan peraturan penutupan transfer yang dilakukan kompetisi elite Eropa lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini