nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raul Hampir Raih Ballon dOr jika Tak Ada Michael Owen

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 51 2095834 raul-hampir-raih-ballon-dor-jika-tak-ada-michael-owen-uBdiHCecsX.jpg Raul saat bela Madrid pada 2001. (Foto: Youtube.com)

SEBAGAI salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid, Raul Gonzalez, bisa dikatakan pemain yang sangat lengkap. Apalagi legenda Madrid tersebut tercatat sebagai pemain dengan jumlah caps terbanyak di Los Blancos –julukan Madrid.

Jadi, wajar saja jika Raul pernah menyandang status sebagai pemain dengan pencetak gol terbanyak Madrid di Liga Spanyol dan juga top skor sepanjang sejarah klub tersebut. Namun, sayangnya rekor fantastis tersebut dipecahkan Cristiano Ronaldo hanya dalam kurun waktu sembilan musim saja.

Infografis Raul Gonzalez

Ronaldo mengalahkan Raul dalam berbagai hal. Berkat pencapaian yang luar biasanya itu, baik dari sisi individu dan klub, pemain asal Portugal itu dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia beberapa kali. Tepatnya Ronaldo empat kali menyabet gelar Ballon d’Or dan pemain terbaik dunia saat masih berseragam Madrid, yakni pada 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Ronaldo yang mampu melewati rekor Raul itu saja mampu meraih Ballon d’Or, namun sayangnya sang Pangeran Bernabeu –julukan Raul– nyatanya tak pernah sekali pun mendapatkan gelar pemain terbaik dunia. Selama 16 musim berkarier di Madrid dan dua tahun di Schalke 04, ternyata tak mampu membuat Raul layak meraih trofi pemain terbaik tersebut.

Akan tetapi, sebenarnya Raul hampir meraih Ballon d’Or edisi 2001, andai kata tak ada Michael Owen kala itu. Sebab, jika tak ada Owen yang meraih gelar Ballon d’Or 2001, maka Raul yang hanya bisa berada di runner-up tentu bakal menjadi yang pertama.

Raul berada di posisi runner-up peraih Ballon d’Or 2001 karena ia mampu membantu Madrid meraih Piala Super Spanyol 2000-2001 dan membuat Los Blancos –julukan Madrid– memenangi Liga Spanyol di musim yang sama. Bahkan raihan 25 gol Raul di Liga Spanyol 2000-2001 itu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak pada musim tersebut.

Michael Owen

(Owen sabet trofi Ballon dOr 2001)

Kendati demikian, semua hal yang dilakukan Raul masih kalah dengan pencapaian Owen di musim 2000-2001. Sebab, pada tahun tersebut Owen yang masih membela Liverpool membawa The Reds –julukan Liverpool– mendapatkan tiga gelar sekaligus, yakni Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala UEFA (kini Liga Eropa).

Penampilan Owen di Piala UEFA 2000-2001 kala itu juga bisa dikatakan luar biasa. Karena itu, selain Ballon d’Or, Owen juga mendapatkan gelar pemain terbaik di Eropa. Karena hal itulah Raul pun gagal meraih kesempatan terbaiknya untuk mendapatkan Ballon d’Or 2001.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini