nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Dijuluki Pangeran Bernabeu, Raul juga Sempat Disebut sebagai El Ferrari

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 10:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 51 2095816 selain-dijuluki-pangeran-bernabeu-raul-juga-sempat-disebut-sebagai-el-ferrari-OR6rwT61as.jpg Raul pernah dijuluki El Ferarri karena kecepatannya. (Foto: Realmadrid.com)

DALAM dunia sepakbola, seorang pemain terkadang memiliki sebuah julukan yang didasarkan atas performanya ketika berada di atas lapangan. Julukan tersebut diberikan untuk mengapresiasi atau sekadar sebagai bukti betapa hebatnya pemain tersebut ketika masih aktif di dunia sepakbola.

Terkadang malah ada pemain yang memiliki julukan lebih dari satu. Salah satu pemain yang memiliki berbagai julukan lebih dari satu itu adalah Raul Gonzalez. Legenda Real Madrid tersebut tercatat memiliki berbagai julukan saat dirinya masih aktif bermain di klub berjuluk El Real.

Raul Gonzalez

Julukan-julukan yang pernah dimiliki Raul seperti El Siete (yang berarti tujuh, identik nomor punggung yang dikenakan Raul), El Angel del Madrid (malaikat Madrid), El Capitan (sang kapten), Pangeran Bernabeu, dan juga Sang Matador Spanyol. Namun, dari sekian julukan itu, ada satu julukan yang jarang terdengar, namun justru membekas di Raul.

Julukan yang dimaksud adalah El Ferrari. Julukan El Ferrari itu pertama kali diberikan oleh rekan setim Raul di Madrid, yakni Fernando Hierro. Bek Madrid yang juga pernah menjadi kapten itu memberikan julukan El Ferrari ke Raul karena merasa pemain kelahiran 27 Juni 1977 tersebut sebagai pemain yang sangat cepat, lincah, dan tajam, selayaknya mobil Ferrari.

Sebagaimana diketahui, Ferrari adalah salah satu perusahaan mobil asal Italia yang identik dengan memiliki mobil-mobil sport dengan kecepatan yang luar biasa. Karena sama-sama memiliki kriteria sangat cepat itulah Hierro menganggap Raul seperti Ferrari. Alasan tersebut yang membuat El Ferrari sampai saat ini menjadi julukan Raul.

Semenjak bermain di tim senior Madrid pada 1994, Raul memang telah membuat Hierro terpukau. Sebagai salah satu pemain senior Madrid kala itu, Hierro mengaku sangat senang ada Raul di lini depan tim mereka.

Baik Hierro dan Raul pun membantu Madrid meraih berbagai gelar. Saat kedua pemain bekerja sama di Madrid, mereka mencatatkan tiga trofi Liga Champions, empat gelar Liga Spanyol, dua Piala Super Spanyol, dua Piala Interkontinental, dan satu Piala Super Eropa.

Infografis Raul Gonzalez

Selepas pensiun sebagai pesepakbola, kini kedua pemain asal Spanyol tersebut tengah berusaha menjalani karier sebagai pelatih. Hierro yang pensiun lebih dulu pun menjadi yang pertama merasakan dunia kepelatihan dengan menangani Real Oviedo pada 2016-2017 dan Timnas Spanyol di Piala Dunia Rusia 2018. Kini Hierro belum lagi menangani suatu tim selepas dipecat dari Timnas Spanyol.

Sementara Raul, baru memulai dunia kepelatihannya pada Agustus 2018 kemarin dengan menangani akademi Real Madrid. Lalu ia berpindah ke tim Madrid U-18 pada Maretnya dan pada Juli 2019 ia ditunjuk sebagai pelatih dari RM Castilla yang bermain di Segunda Division B (kasta ketiga Liga Spanyol).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini