nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Peneliti Mengklaim Messi Dua Kali Lebih Bagus dari Ronaldo

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 06:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 51 2095075 para-peneliti-mengklaim-messi-dua-kali-lebih-bagus-dari-ronaldo-hN1Y3HdHdJ.jpg Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Foto: AFP)

FLANDERS – Salah satu perdebatan yang tidak ada habisnya di dunia sepakbola adalah mengenai siapa yang lebih hebat antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo. Perdebatan ini sejatinya sudah berlangsung selama satu dekade lebih dan hingga saat ini tak memiliki jawaban pasti.

Pada akhirnya perdebatan tersebut membuat Lembaga Penelitian dan Pendidikan KU Leuven melakukan studi untuk menilai kinerja Messi dan Ronaldo dalam lima tahun terakhir. Hasilnya, menurut mereka Messi memiliki kinerja yang lebih baik dua kali lipat ketimbang Ronaldo.

Baca juga: Jadwal dan Waktu Pengumuman Pemain Terbaik Eropa 2018-2019

Lionel Messi

Nilai seorang pesepakbola umumnya diukur melalui jumlah gol dan assist yang mereka ciptakan. Akan tetapi, menurut Profesor Jesse Davis, hal itu tak bisa selalu dijadikan tolok ukur karena gol adalah sesuatu yang langka.Maka dari itu, mereka membuat sistem tolok ukur sendiri untuk menilai kualitas pesepakbola yang dinamai Skor Tindakan Menilai dengan Memperkirakan Probabilitas (VAEP).

Sistem tersebut menghitung keterlibatan pesepakbola dalam sebuah pertandingan. Jadi bukan hanya gol dan assist saja yang dihitung, namun juga jumlah tendangan, umpan, dribel, tekel, dan faktor lainnya. Setelah diteliti, ternyata Messi memiliki skor VAEP 1,21 per pertandingan, sedangkan Ronaldo hanya 0,61.

“Nilai seorang pemain sepakbola seringkali ditentukan oleh gol dan assist. Namun, gol adalah peristiwa yang langka, karena rata-rata 1.600 aksi diperkirakan terjadi dalam sebuah pertandingan. Model kami memandang setiap aksi - bidikan, umpan, giring, tekel, dan hitung nilainya," jelas Profesor Jesse Davis, menyadur dari Standard, Kamis (22/8/2019).

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

“Pada musim pertama, skor Messi dan Ronaldo sangat dekat satu sama lain. Akan tetapi, dari musim 2015-2016, Messi menjauh dari rival abadinya. Messi luar biasa di bidang ini: pemain Argentina itu memiliki jumlah aksi yang sangat tinggi dan mereka juga memiliki nilai yang tinggi,” tambah mahasiswa PhD, Tom Decroos.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini