nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal-usul Julukan Czech Fury Melekat dalam Diri Pavel Nedved

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 16 51 2092895 asal-usul-julukan-czech-fury-melekat-dalam-diri-pavel-nedved-pT8AYZnUFl.jpg Nedved saat memperkuat Juventus pada 2008-2009. (Foto: REUTERS)

PAVEL Nedved menjadi salah satu pesepakbola yang begitu dikagumi publik dunia. Kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar telah membuat banyak orang terkesan. Tak heran, pujian pun kerap diterimanya. Bahkan, ia memiliki julukan tersendiri yang khusus diberikan publik kepadanya.

Pesepakbola asal Republik Ceko itu mendapat julukan Czech Fury. Tentu saja, ada alasan tersendiri dari munculnya julukan tersebut untuk sang pemain yang lahir di Kota Cheb 30 Agustus 1972 tersebut.

Julukan muncul karena kekaguman publik dengan bakat gemilang yang dimiliki Nedved. Ia diketahui memiliki skill yang begitu ciamik. Bakatnya dikemas dengan konsistensi, semangat, stamina, hingga power yang luar biasa yang selalu ditunjukkan saat berada di atas lapangan.

Pavel Nedved

Dengan kombinasi ini, Nedved pun selalu berhasil menyuguhkan aksi fantastis dalam setiap pertandingan yang dilakoni. Tak heran, ayah dari Anna dan Pavel itu pun bisa memberi kontribusi besar kepada setiap tim yang dibelanya.

Di sepanjang kariernya, Nedved telah mempersembahkan sederet gelar juara kepada berbagai tim yang pernah dibelanya. Total, 15 gelar juara dapat diraihnya bersama Juventus, Lazio, dan Sparta Praha. Di Juventus, ia merengkuh dua gelar juara Liga Italia, satu gelar Piala Super Italia, serta satu gelar Serie B. Kemudian, di Lazio, Nedved mempersembahkan satu gelar Liga Italia, dua gelar Coppa Italia, dua gelar Piala Super Italia, satu gelar Liga Italia, dan satu gelar Piala Super UEFA.

Tak hanya di Italia, ia juga menorehkan prestasi gemilang saat memperkuat klub asal Republik Ceko. Bersama Sparta Praha, Nedved meraih empat gelar, di mana satu di antaranya diraih di liga utama Republik Ceko.

Infografis Pavel Nedved

Selanjutnya, di Timnas, sang gelandang memang tak pernah meraih gelar juara, namun ia dapat mengantarkan tim menjadi runner-up Piala Eropa 1996 dan lolos ke babak semifinal pada 2004. Tak hanya itu, Nedved juga membantu sang negara menempati posisi ketiga di Piala Konfederasi 1997.

Prestasi juga didapat Nedved secara individu. Ia memenangkan trofi Ballon d'Or pada 2003. Nedved juga mendapat penghargaan pemain terbaik Eropa oleh UEFA serta pemain terbaik Liga Italia pada tahun yang sama. Ia juga sukses meraih enam kali penghargaan pemain terbaik Republik Ceko.

Pavel Nedved

Dengan sederet prestasi inilah, sosok Nedved dianggap begitu dahsyat oleh publik dan dianggap pantas untuk dijuluk Czech Fury. Julukan lain juga didapat Nedved dari tanah Inggris. Ia disebut The Czech Cannon yang berarti si Meriam Ceko.

1
2

Berita Terkait

Liputan Khusus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini