nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nedved Pernah Bawa Republik Ceko ke Final Piala Eropa 1996

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 09:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 51 2092879 nedved-pernah-bawa-republik-ceko-ke-final-piala-eropa-1996-zrOOi4yGSE.jpg Nedved saat tampil membela Ceko di Piala Eropa 1996. (Foto: Planet Football)

MEMBICARAKAN Pavel Nedved, sederet prestasi gemilang tentu saja bakal mengikutinya. Nedved memberi kontribusi besar kepada setiap klub yang diperkuatnya. Tak hanya di jajaran klub, kegemilangannya juga dapat terlihat saat memperkuat tim nasional (timnas).

Salah satu prestasi gemilang yang berhasil ditorehkan Nedved bersama Timnas Republik Ceko dapat terlihat pada 1996. Kala itu, nama pemain yang lahir di Cheb 30 Agustus 1972 itu turut masuk ke daftar penggawa Timnas Republik Ceko untuk mentas di ajang Piala Eropa.

Pavel Nedved

(Nedved hadir di album panini Piala Eropa 1996)

Kehadiran Timnas Republik Ceko di ajang tersebut pun tak hanya sekadar turut meramaikan gelaran kompetisi semata. Mereka bisa tampil begitu apik pada kompetisi sepakbola empat tahunan antarnegara di Eropa tersebut. Ketangguhan mereka telah terlihat sejak babak penyisihan grup.

Tergabung dalam Grup C, Timnas Republik Ceko dapat keluar sebagai runner-up grup setelah mengumpulkan empat poin. Torehannya terpaut tiga angka dari Jerman yang keluar sebagai juara grup.

Sosok Nedved pun mendapat sorotan lebih saat berlaga di babak tersebut. Ia tampil mengesankan, khususnya kala berhadapan dengan Italia. Dalam pertandingan tersebut, Nedved menyumbang satu gol yang akhirnya membawa Republik Ceko menang atas Italia dengan skor tipis 2-1.

Di perempatfinal, tren positif Republik Ceko pun terus berlanjut. Mereka dapat menumbangkan Portugal dengan skor tipis 1-0. Hasil manis juga turut dituai di babak empat besar Piala Eropa, di mana Republik Ceko bersua dengan Prancis.

Infografis Pavel Nedved

Pertemuan Prancis dan Republik Ceko kala itu berlangsung sengit sehingga penentuan tim yang maju ke final baru bisa diketahui lewat drama adu penalti. Nedved dan kawan-kawan pun akhirnya menyegel tiket ke babak pamungkas setelah adu penalti berakhir dengan skor 6-5. Sayang, di babak final, Republik Ceko gagal mengangkut trofi karena takluk dari Jerman dengan skor tipis 1-2.

Meski begitu, Nedved tetap mendapat sorotan lebih dari khalayak ramai. Kesuksesannya membawa Timnas Republik Ceko melenggang ke final Piala Eropa 1996 jadi titik awal karier sang gelandang. Pada musim panas di tahun yang sama, Nedved pun diboyong ke Lazio hingga akhirnya bergabung bersama Juventus pada 2001 dan melegenda di sana.

1
2

Berita Terkait

Liputan Khusus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini