nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pavel Nedved, Legenda Juventus yang Sabet Trofi Ballon dOr 2003

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 13:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 16 51 2092867 pavel-nedved-legenda-juventus-yang-sabet-trofi-ballon-dor-2003-Fva1WiYGda.jpg Nedved saat memenangi trofi Ballon dOr 2003. (Foto: REUTERS)

KARIER yang gemilang berhasil diukir Pavel Nedved selama masih bergelut sebagai pesepakbola profesional. Ia bisa mengantarkan setiap klub yang diperkuatnya merengkuh gelar juara di berbagai kompetisi.

Tak heran, dengan kondisi ini, pesepakbola yang lahir di Kota Cheb, Republik Ceko, itu pun berhasil mendapatkan berbagai penghargaan individu. Salah satu penghargaan paling bergengsi yang diraih olehnya adalah trofi Ballon dOr.

Penghargaan tersebut didapat Nedved pada 2003. Prestasi apik ini diukir ayah dari Anna dan Pavel itu saat usianya sudah cukup matang, yakni 31 tahun. Meski begitu, Nedved tetap berhasil menyuguhkan penampilan yang apik, baik di tataran klub ataupun tim nasional (timnas).

Pavel Nedved

(Nedved saat meraih trofi Ballon dOr 2003)

Kepada klub, Nedved yang kala itu tengah bernaung di tim raksasa asal Italia, yakni Juventus, berhasil mempersembahkan Scudetto. Gelar juara di liga tertinggi di Italia tersebut dipastikan jadi milik Bianconeri –julukan Juventus– setelah mengumpulkan 72 poin. Mereka unggul tujuh angka dari Inter Milan yang duduk di posisi kedua pada klasemen akhir.

Tak hanya di kompetisi domestik, Juventus yang diperkuat Nedved kala itu juga dapat bersinar di ajang Eropa. Di turnamen sepakbola antarklub paling bergengsi di Eropa, Liga Champions, Juventus dapat melangkah hingga ke babak final.

Tiket ke babak final diraih Bianconeri setelah menaklukkan Real Madrid di semifinal dengan agregat skor 4-3. Sayangnya, tren positif ini tak dapat dilanjutkan Juventus ke babak pamungkas sehingga impian untuk merengkuh gelar juara pun harus terkubur dalam-dalam.

Pertemuan mereka dengan AC Milan di final Liga Champions 2002-2003 berlangsung begitu sengit sehingga skor kacamata bertahan hingga akhir waktu normal pertandingan. Penentuan juara akhirnya dilakukan lewat adu penalti dan Juventus dipaksa mengakui ketangguhan Milan karena kalah 2-3.

Infografis Pavel Nedved

Saat itu, Nedved tidak bermain karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning. Bukan tak mungkin jika gelandang berambut pirang itu turun, hasil yang didapat Juventus bakal lebih baik.

Pada musim yang sama, Nedved juga memberi kontribusi besar kepada Timnas Republik Ceko. Pemain yang lahir pada 30 Agustus 1972 itu dapat mengantarkan tim kesayangannya lolos dari babak kualifikasi Piala Eropa 2004.

Atas sederet prestasi tersebut, Nedved dirasa pantas untuk merengkuh trofi Ballon dOr. Ia mengalahkan pemain-pemain top lainnya, seperti Thierry Henry dan Paolo Maldini. Dengan merengkuh penghargaan pemain terbaik di dunia itu, Nedved mencatatkan namanya sebagai pesepakbola kedua Republik Ceko yang berhasil meraih trofi Ballon dOr. Pemain pertama yang dapat meraihnya ialah Josef Masopust pada 1962.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini