nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tajam di Usia Senja, Recoba: Suarez Hebat!

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 18:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 51 2089487 tajam-di-usia-senja-recoba-suarez-hebat-LCbIG2V4kp.jpg Luis Suarez (Foto: Reuters)

BARCELONA – Legenda sepakbola Uruguay sekaligus Inter Milan, Alvaro Recoba, memperhatikan perubahan gaya main dari penyerang Barcelona, Luis Suarez. Suarez menyesuaikan gaya main dengan fisik yang semakin lama terus menurun seiring bertambahnya usia.

Suarez yang kini berusia 32 tahun kini berlari dalam jarak yang lebih pendek guna menghemat napas dalam pertandingan. Kendati demikian, Suarez tetap tampil tajam di depan gawang lawan. Hal itu terbukti dari catatan 25 gol yang ditorehkan pemain berpaspor Uruguay itu dalam semua kompetisi musim lalu.

Lionel Messi dan Luis Suarez (Foto: Sportskeeda)

Apa yang dialami Suarez itu adalah hal yang lumrah untuk pemain profesional. Pemain hebat seperti kapten Barcelona, Lionel Messi, ataupun megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, juga mengalami hal yang sama.

BACA JUGA: Messi Tolak Jabat Tangan Griezmann, Kenapa?

Messi yang juga berusia 32 tahun seperti Suarez kini sudah tak bisa melewati 10 pemain lawan sekaligus. Messi harus sedikit mengubah gaya mainnya agar tak cepat kelelahan dalam pertandingan.

Sama halnya dengan Messi, Ronaldo yang lebih tua dua tahun juga mengubah gaya mainya sesuai dengan usia. Ronaldo yang dulu suka meledak-ledak dalam menyisir sisi sayap kini bertransformasi menjadi penyerang tengah yang amat galak di depan gawang lawan.

Luis Suarez (Foto: UEFA)

Meski Suarez, Messi dan Ronaldo sedikit mengubah gaya mainnya tetapi mereka tak kehilangan ketajaman di depan gawang. Hal itu adalah bukti bahwa Suarez, Messi dan Ronaldo adalah pemain hebat yang tak akan berkurang kualitasnya dengan usia yang bertambah.

“Ini masalah usia. Saya tidak hanya berbicara tentang Luis (Suarez) di sini. Itu sama dengan Messi, rekan setimnya yang seusia, juga Cristiano, yang sedikit lebih tua. Mereka semua beradaptasi dengan kemampuan fisik dan kecepatan yang berubah,” ujar Recoba, seperti yang dikutip dari Goal, Kamis (8/8/2019).

“Hari ini Messi bukan pemain yang sama dengan dia 10 tahun lalu. Sekarang dia tidak bisa mengambil bola dan berlari melalui seluruh tim oposisi dalam pertandingan. Dia harus bermain berbeda,” tambah Recoba.

“Saya pikir Luis juga bermain berbeda hari ini. Anda tahu? Berlari lebih sedikit, jarak yang ditempuh lebih pendek, tetapi dia masih mencetak gol. Catatan konsisten Luis dalam mencetak gol musim demi musim sungguh luar biasa. Jadi lihat, itu normal untuk mengubah gaya Anda ketika semakin tua. Tapi tanpa keraguan dia adalah penyerang Uruguay terbaik dan pasti salah satu yang terbaik dalam sejarah sepakbola juga,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini