nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liverpool Jadi Klub yang Pertama Kali Temukan Bakat Owen

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 51 2081127 liverpool-jadi-klub-yang-pertama-kali-temukan-bakat-owen-1d8JmT309J.jpg Michael Owen (Foto: The Guardian)

SEBAGAI anak dari mantan pemain Everton, Terry Owen dan pasangannya Jeanette Owen, perjalanan awal Michael Owen di dunia persepakbola bisa dibilang cukup berjalan mulus. Terbukti di usianya yang masih sangat muda, yakni sekira 12 tahun Owen sudah bergabung dengan akadami klub seperti Liverpool.

Ya, klub profesional pertama yang dibela Owen adalah Liverpool. Namun, sebelum bergabung di The Reds –julukan Liverpool–, Owen terlebih dahulu mengembangkan permainan sepakbolanya di Hawarden, Wales. Tempat itu adalah kota di mana Owen dilahirkan dan dibesarkan.

Bahkan saat usia Owen 11 tahun, ia merupakan salah satu pemain yang paling populer. Akibat hal itu, banyak pencari bakat pun yang mulai memfokuskan diri kepada orang yang pernah memperkuat Real Madrid tersebut.

Liverpool jadi klub yang jeli melihat bakal alami milik  Michael Owen

Akan tetapi, seperti yang dikatakan sebelumnya, pada usia 12 tahun ia mendapatkan tawaran bergabung dengan Liverpool. Orang yang meyakinkan Terry dan Owen untuk bergabung dengan Liverpool adalah Steve Heighway, salah satu orang dari pengembangan pemain muda klub tersebut.

Heighway menuliskan sebuah surat pribadi kepada Owen. Setelah membaca surat yang membuat Owen tersentuh, pemain kelahiran 14 Desember 1979 itu pun akhirnya membulatkan tekad untuk bermain di akademi Liverpool.

Kendati begitu, Owen baru bisa naik ke skuad utama Liverpool pada Juli 1997. Semenjak musim 1997-1998 hingga 2003-2004 ia memperkuat Liverpool. Selama membela Liverpool, Owen turun di 295 pertandingan dengan koleksi 155 gol. Dalam kurun waktu tersebut, Owen mempersembahkan enam gelar bagi Liverpool.

Setelah bersinar bersama Liverpool, Owen menarik minat Real Madrid dan ia pun digaet pada musim panas 2004. Sayangnya, perjalanan karier Owen di Madrid tak berjalan mulus. Ia gagal memperlihatkan penampilan terbaiknya saat masih berada di The Reds. Tak ayal Madrid hanya mempertahankannya selama semusim saja.

Ketika membela Madrid, Owen turun di 45 pertandingan dengan koleksi 16 gol. Kemudian, Owen kembali lagi ke Liga Inggris untuk membela Newcastle United. Di Newcastle, Owen setidaknya tampil lebih baik ketimbang saat berada di Madrid.

Infografis Michael Owen

Bahkan, kembalinya kehebatan Owen tersebut membuat klub Raksasa Liga Inggris lainnya, yakni Manchester United mendatangkannya pada musim panas 2009. Perpindahan Owen itu membuatnya dikecam oleh para pendukung Liverpool. Karena Man United adalah musuh bebuyutan dari Liverpool.

Meski begitu Owen pada akhirnya tetap bermain di Man United, bahkan hingga tiga musim ke depan atau berakhir di musim panas 2011-2012. Setelah pergi dari Man United, Owen sempat tak bermain beberapa bulan hingga akhirnya kembali bermain di Stoke City. Namun, tak sampai semusim di Stoke Owen pun akhirnya memutuskan pensiun dari dunia sepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini