nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Alasan Messi Terlempar dari Podium Ballon dOr 2019, Nomor 1 Faktor Utama

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 11:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 11 51 2077480 3-alasan-messi-terlempar-dari-podium-ballon-dor-2019-nomor-1-faktor-utama-0snxJl8209.jpg Messi berdarah usai disikut Smalling. (Foto: Marca)

LIONEL Messi hanya meraih satu trofi di musim 2018-2019. La Pulga –julukan Messi– hanya membawa Barcelona meraih trofi Liga Spanyol 2018-2019. Sementara di level tim nasional, kiprah Messi bersama Argentina juga terhenti sebelum mencapai puncak, yang mana mereka kalah 0-2 dari tuan rumah Brasil di semifinal.

Secara individu sebenarnya Messi tampil tajam. Dari 50 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona, Messi mengoleksi 51 gol. Akan tetapi, catatan itu dipercaya belum cukup bagi Messi untuk merebut trofi Ballon dOr 2019.

Jangankan meraih trofi, untuk sekadar duduk di podium pun Messi butuh usaha ekstra. Kenapa?

Berikut 3 alasan Messi terlempar dari podium Ballon dOr 2019:

3. Tersingkir Memalukan dari Liga Champions

Messi saat dijegal pemain-pemain Liverpool

Barcelona difavoritkan menjadi kampiun Liga Champions 2018-2019. Status itu semakin ditegaskan setelah mereka menang 3-0 atas Liverpool di leg I semifinal Liga Champions. Saat itu dari fase grup hingga leg I semifinal, Barcelona tidak terkalahkan dan mereka menjadi satu-satunya semifinalis yang menyandang status tersebut.

Sayangnya, keunggulan tersebut tidak dapat dipertahankan saat Barcelona bertandang ke markas Liverpool di leg II. Messi yang tampil standar di laga tersebut harus rela melihat Barcelona kalah 0-4 dari Liverpool. Hasil itu membuat langkah Blaugrana –julukan Barcelona– pun terhenti di semifinal.

2. Tampil Buruk di Copa America 2019

Messi terima kartu merah

Messi tampil dalam enam laga di Copa America 2019. Hasilnya, ayah tiga anak tersebut hanya mencetak satu gol dan assist. Bahkan, satu-satunya gol yang dibuat Messi hanya tercipta lewat titik putih saat Argentina bermain 1-1 kontra Paraguay.

Tidak sampai di situ, Messi pun mendapat kartu merah saat Argentina menghadapi Cile di perebutan posisi tiga. Hal itu menunjukkan Messi bermain di bawah harapan saat turun di Copa America 2019.

1. Banyak Pemain yang Lebih Layak

Virgil van Dijk cium trofi Liga Champions

Ketimbang Messi, banyak pemain yang lebih layak duduk di podium Ballon dOr. Sosok yang dimaksud adalah Sadio Mane, Alisson Becker, Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Mane berstatus sebagai top skor Liga Inggris, membawa Liverpool kampiun Liga Champions dan berpeluang mengantarkan Senegal kampiun Piala Afrika 2019.

Van Dijk berandil besar saat membawa Liverpool menjadi kampiun Liga Champions. Alisson? Tidak hanya meraih trofi Liga Champions dan Copa America 2019, kiper 26 tahun itu juga menyabet status kiper terbaik di tiga ajang berbeda, yakni Liga Champions, Liga Inggris dan Copa America.

Sementara untuk Ronaldo, ia meraih tiga trofi di sepanjang musim 2018-2019. Sebut saja masing-masing satu trofi Liga Italia dan Piala Super Italia bersama Juventus, serta UEFA Nations League bareng Portugal. Karena itu, sulit bagi Messi untuk duduk di podium Ballon dOr 2019.

1
3

Berita Terkait

Soccer Time

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini