nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Messi Nirgelar, Batistuta Sabet Banyak Trofi Bersama Timnas Argentina

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 05 51 2075127 messi-nirgelar-batistuta-sabet-banyak-trofi-bersama-timnas-argentina-0aA5hd1pUs.jpg Batistuta raja gol dan bersinar bersama Timnas Argentina. (Foto: MundoAlbiceleste.com)

LIONEL Messi disebut-sebut sebagai dewa sepakbola. Serangkaian trofi individu yang dimiliki Messi, sebut saja lima trofi Ballon dOr jadi tolok ukur penahbisan status tersebut. Status itu semakin layak disandang setelah Messi telah meraih lebih dari 30 trofi bersama Barcelona.

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat status Messi sebagai pesepakbola terbaik dunia sedikit tergores. Semenjak membela Tim Nasional (Timnas) senior Argentina pada 2005, Messi belum pernah mengantarkan sang negara meraih trofi internasional.

Messi nirgelar bersama Timnas Argentina

Pencapaian terbaik Messi hanyalah mengantarkan La Albiceleste –julukan Argentina– lolos ke final Copa America 2007, 2015 dan 2016, serta Piala Dunia 2014. Terbaru, langkah Argentina terhenti di semifinal Copa America 2019 setelah takluk 0-2 dari tuan rumah Brasil.

Gabriel Batistita saat merayakan gol bersama Timnas Argentina

Di sisi lain, seorang Gabriel Batistuta justru lebih bersinar ketimbang Messi. Batigol –julukan Batistita– juga berpaspor Argentina seperti Messi. Bedanya, Batistuta membela Timnas Argentina dalam kurun 1991-2002.

Selama 11 tahun membela Argentina, Batistuta turun di 77 pertandingan dengan koleksi 54 gol. Catatan itu sempat membuat Batistuta menjadi pemani tersubur dalam sejarah Argentina, sebelum akhirnya dikalahkan Messi.

Meski kalah dari Messi perihal perolehan gol, Batistuta unggul jauh dari La Pulga urusan trofi bersama Timnas Argentina. Selama 11 tahun membela Argentina, Batistuta meraih tiga gelar prestisius. Sebut saja trofi Copa America 1991 dan 1993 serta Piala Konfederasi 1992.

Di Copa America 1991, Batistuta tak hanya membawa Argentina menjadi jawara, namun juga keluar sebagai top skor turnamen. Dari tujuh penampilan, Batistuta mengemas enam gol. Bahkan, Batistuta masing-masing mencetak satu gol saat Argentina menang 3-2 atas Brasil dan 2-1 kontra Kolombia di final round.

Infografis Gabriel Batistuta

Kemudian di Piala Konfederasi 1992, Argentina menjadi kampiun setelah di final mengalahkan tuan rumah Arab Saudi 3-1. Batistuta pun juga menjadi top skor turnamen setelah mengoleksi dua gol.

Selanjutnya di Copa America 1993, Batistuta menjadi penentu kemenangan Argentina 2-1 atas Meksiko di partai puncak. Tidak tanggung-tanggung, semua gol Argentina di laga tersebut diborong Batistuta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini