nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Raih Ballon dOr, Weah Tak Pernah Bawa Liberia Tampil di Piala Dunia

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 14:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 21 51 2069289 meski-raih-ballon-dor-weah-tak-pernah-bawa-liberia-tampil-di-piala-dunia-zPg0i47YBW.jpg George Weah saat membela AC Milan. (Foto: Eurosport)

GEORGE Weah tercatat sebagai satu-satunya pesepakbola asal Afrika yang merebut trofi Ballon dOr. Trofi itu didapat Weah pada 1995, setelah mengungguli Jurgen Klinsmann dan Jari Litmanen.

Tercatat semenjak trofi Ballon dOr diperebutkan pada 1956, hanya ada dua pesepakbola yang gagal membawa sang negara tampil di Piala Dunia, meski berhasil mendapatkan gelar berbentuk bola emas tersebut. Meski secara individu tampil apik sehingga memenangi trofi Ballon dOr, namun si pemain gagal mengantarkan sang negara ambil bagian di ajang empat tahunan itu.

Selain Alfredo Di Stefano (Argentina & Spanyol), Weah adalah sosok yang dimaksud. Pria yang kini menjabat sebagai presiden Liberia itu tidak pernah membawa negara yang berasal dari Benua Afrika itu mentas di ajang Piala Dunia.

Infografis George Weah ganteng dan keren

Padahal, Weah membela Timnas Liberia dalam kurun waktu yang lama, yakni 1987-2002. Pencapaian terbaik Weah bersama Liberia di Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika tersaji pada 2002.

Saat itu setelah melewati delapan pertandingan Grup C, Liberia duduk di posisi dua dengan koleksi 15 angka. Mereka hanya terpaut satu angka dari Nigeria yang kala itu diperkuat Nwankwo Kanu.

Akan tetapi, sayangnya hanya juara grup yang diizinkan lolos ke putaran final Piala Dunia 2002 yang dilangsungkan di Jepang-Korea Selatan (Korsel). Karena itu, sangat disayangkan, karier gemilang Weah tidak lengkap setelah dirinya gagal tampil di Piala Dunia.

Timothy Weah kini bela PSG dan Timnas Amerika Serikat

Agar tak mengulangi nasib yang sama seperti dirinya, Weah pun mendorong sang anak untuk mengikuti kewarganegaraan sang ibu, yakni Amerika Serikat. Sekadar diketahui, tiga anak Weah berpaspor AS.

Dengan membela AS, peluang sang anak tampil di Piala Dunia pun terbuka lebar. Sekadar informasi, anak ketiga Weah yakni Timothy Weah berprofesi sebagai pesepakbola. Ia saat ini membela Paris Saint-Germain(PSG) dan sudah mengecap delapan caps bersama Timnas AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini