5 Gol Dramatis yang Dibuat Liverpool di Musim 2018-2019

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 29 45 2061731 5-gol-dramatis-yang-dibuat-liverpool-di-musim-2018-2019-2hC622SUoK.jpg Liverpool (Foto: UEFA)

LIVERPOOL menjalani kampanye yang luar biasa pada musim 2018-2019. Tim asuhan Jurgen Klopp itu menunjukkan performa yang luar biasa pada semua kompetisi terutama di Liga Inggris dan Liga Champions.

Liverpool mengakhiri Liga Inggris musim ini dengan finis pada posisi kedua dengan koleksi 97 poin berselisih satu angka dari Manchester City yang keluar sebagai juaranya. Sementara itu, Liverpool juga mencapai partai puncak Liga Champions musim ini untuk menghadapi Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Spanyol, Minggu 2 Juni 2019, dini hari WIB.

Kampanye apik Liverpool musim ini juga diwarnai dengan terciptanya gol-gol dramatis dalam laga yang dilakoni The Reds –julukan Liverpool. Berikut lima gol dramatis yang tercipta dalam laga Liverpool musim ini, dikutip dari Sportskeeda, Rabu (29/5/2019).

5. Roberto Firmino (menit 91 vs Paris Saint-Germain)

Roberto Firmino (Foto: Twitter/@OptaJoe)

Gol dramatis Liverpool yang akan pertama kali dibahas tersaji pada laga perdana Grup C Liga Champions musim ini. Liverpool menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Anfield Stadium, Rabu 19 September 2019, dini hari WIB. Laga itu berjalan dramatis karena kedua tim saling berbalas gol.

Liverpool yang selama 80 menit unggul 2-1 atas PSG berkat gol dari Daniel Sturridge (30’) dan James Milner (36’). Harus rela disamakan PSG berkat aksi Thomas Meunier (40’) dan Kylian Mbappe (83’). Ketika hasil imbang tampak akan menutup laga, tiba-tiba Roberto Firmino yang baru masuk di babak kedua membuat gol lewati sepakan kaki kanannya pada menit 91. Satu gol dari Firmino membawa Liverpool meraih tiga poin perdana di Liga Champions musim ini.

4. Daniel Sturridge (menit 89 vs Chelsea)

Daniel Sturridge (Foto: Reuters)

Liverpool musim ini hanya merasakan satu kali kekalahan di Liga Inggris yakni dari Man City. Akan tetapi, sebelum itu Liverpool juga hampir gagal meraih poin saat bertandang ke Stamford Bridge untuk berhadapan dengan Chelsea pada Sabtu 29 September 2019.

Chelsea pada waktu itu sudah unggul lebih dulu berkat gol Eden Hazard pada menit 25. Kedudukan di papan skor tak mengalami perubahan hingga menit 88 sehingga laga tampak akan dimenangkan Chelsea.

Namun, Sturridge yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menyelamatkan Liverpool. Eks pemain Chelsea itu secara luara biasa membuat gol indah lewat sepakan keras dari luar kotak penalti yang gagal diselamatkan Kepa Arrizabalaga. Gol itu membuat Liverpool pulang dengan satu poin ke Anfield Stadium.

3. Divock Origi (menit 86 vs Newcastle United)

Divock Origi dan Jurgen Klopp (Foto: Premierleague)

Liverpool menjalani pekan ke-37 Liga Inggris musim ini dengan bertandang ke St. James Park untuk menghadapi Newcastle United. Laga itu terasa cukup sulit untuk Liverpool yang beberapa hari sebelumnya takluk 0-3 dari Barcelona di Liga Champions.

Liverpool bahkan hampir mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2 karena dua gol The Reds yang dibuat oleh Virgil van Dijk (13’) dan Mohamed Salah (28’) dibalas Newcastle melalui aksi Christian Atsu (20’) serta Salomon Rondon (54’). Origi yang masuk dari bangku cadangan menjadi penyelamat Liverpool saat mencetak gol melalui kepalanya dengan memanfaatkan tendangan bebas dari Xherdan Shaqiri pada menit 86. Selain membuat Liverpool meraih tiga poin, gol Origi juga membuat juara Liga Inggris musim ini baru bisa diketahui pada pekan terakhir.

2. Toby Alderweireld (menit 90 vs Tottenham Hotspur)

Liverpool vs Tottenham (Foto: Twitter/@LFC)

Liverpool melawan Tottenham di Anfield Stadium pada Minggu 31 Maret 2019. Laga berjalan dengan sengit karena waktu itu Tottenham juga masih berpeluang menjadi kampiun Liga Inggris musim ini.

Liverpool unggul lebih dulu melalui sundulan berkelas dari Firmino (16’) sebelum Lucas Moura (70’) menyamakan kedudukan untuk Tottenham. Laga berjalan semakin ketat tetapi tak ada gol yang tercipta untuk masing-masing tim.

Saat memasuki menit 90, keheningan terpecah ketika Toby Alderweireld membuat gol bunuh diri. Gol bunuh diri itu terjadi karena bola hasil sundulan Salah yang ditepis Hugo Lloris justru mengenai kaki Alderweireld sehingga masuk ke gawang timnya sendiri. Gol itu seketika membua The Kop –julukan fans Liverpool– melompat kegirangan karena tahu tim idolanya meraih tiga poin penting.

1. Divock Origi (menit 95 vs Everton)

Divick Origi vs Everton (Foto: Twitter/@LFCPhoto)

Origi tidak cuma sekali jadi penyelamat Liverpool pada musim ini. Sebelum laga kontra Newcastle, pemain berpaspor Belgia itu juga membawa Liverpool meraih tiga poin di Anfield Stadium saat menjamu Everton pada Minggu 2 Desember 2019.

Merseyside Derby berjalan dengan sengit dan keras tetapi tak ada gol yang tertcipta untuk kedua tim hingga menit 90. Memasuki masa injury time, Liverpool mendapatkan tendangan bebas dari tengah lapangan yang diambil Alisson Becker.

Alisson mengumpan pendek kepada Trent Alexander-Arnold yang mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti Everton. Bola disambut sepakan kaki kanan Van Dijk yang tidak sempurna sehingga bola melayang ke gawang Everton.

Namun, bola itu salah diantisipasi Jordan Pickford sehingga mampu direbut Origi untuk disundul menjadi gol. Liverpool pun menutup laga itu dengan kemenangan 1-0 atas Everton berkat gol Origi pada menit 95.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini