nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain-Pelatih yang Bisa Dijadikan Inspirasi Vincent Kompany, Nomor 2 Paling Sukses

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 10:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 51 2057828 5-pemain-pelatih-yang-bisa-dijadikan-inspirasi-vincent-kompany-nomor-1-paling-sukses-cvhnekw7nX.jpg Kompany saat berduel dengan Salah. (Foto: Liverpool Echo)

SETELAH sejak 2008 membela Manchester City, Vincent Kompany akhirnya memutuskan meninggalkan Stadion Etihad akhir musim ini. Bek berpaspor Belgia itu memutuskan melanjutkan karier bersama RSC Anderlecht per musim depan.

Uniknya, di sana Kompany tak hanya bertugas sebagai pemain. Bek 32 tahun itu juga akan bertugas sebagai pelatih. Meski begitu, peran yang diemban Kompany bersama Anderlecht bukanlah yang pertama di dunia sepakbola. Ada banyak kejadian dan lima pemain-pelatih di antaranya cukup berhasil. Siapa saja?

Berikut 5 pemain-pelatih yang bisa dijadikan inspirasi Vincent Kompany:

5. Glenn Hoodle (Swindon Town dan Chelsea)

Hoodle berstatus sebagai pemain-pelatih bersama dua klub berbeda, yakni Swindon Town (1991-1993) dan Chelsea (1993-1996). Bersama Swindon, Hoodle menyelamatkan mereka dari jeratan degradasi ke kasta ketiga sepakbola Inggris. Kemudian di musim kedua tepatnya pada 1992-1993, Hoodle yang berposisi sebagai gelandang membawa Swindon promosi ke Liga Inggris 1993-1994.

Setelah itu, Hoodle melanjutkan karier sebagai pemain-pelatih bersama Chelsea. Bersama Chelsea, prestasi terbaik Hoodle ialah mengantarkan The Blues lolos ke final Piala FA 1993-1993, sebelum akhirnya dikalahkan Manchester United 0-4.

4. Ruud Gullit (Chelsea)

Chelsea sepertinya ketagihan mempekerjakan pemain-pelatih. Setelah memecat Hoodle pada 1996, mereka menunjuk Ruud Gullit dengan status yang sama. Di bawah arahan Gullit, hasil yang dicapai Chelsea tak lebih baik ketika masih ditangani Hoodle.

Akhirnya pada Februari 1998, Gullit dipecat dari jabatannya sebagai pelatih. Setelah Gullit dipecat, prestasi Chelsa membaik dan pada akhirnya finis di posisi dua Liga Inggris 1997-1998. Pencapaian finis di posisi dua merupakan prestasi terbaik Chelsea di ajang Liga Inggris pada dekade 1990-an.

3. Bryan Robson (Middlesbrough)

Setelah sukses besar bersama Manchester United (1981-1994), Robson yang beroperasi sebagai gelandang memutuskan hengkang ke Middlesbrough pada 1994. Bersama The Boro –julukan Middlesbrough, Robson berstatus sebagai pemain-pelatih dan bertugas selama tiga musim (1994-1997).

Di bawah asuhan Robson, memang tidak ada prestasi membanggakan yang diraih The Boro. Akan tetapi, Robson mampu menyelamatkan Boro dari jeratan degradasi. Ditambah lagi, Robson mampu menghadirkan sejumlah pemain top ke Stadion Riverside. Sebut saja Juninho Paulista, Emerson, Fabrizio Ravanelli dan Nick Barmby.

2. Kenny Dalglish (Liverpool)

Dalglish ditunjuk sebagai pemain-pelatih Liverpool di awal musim 1985-1986. Hebatnya selama enam musim bertugas sebagai pemain-pelatih, pria asal Skotlandia itu menghadirkan tiga trofi Liga Inggris bagi publik Stadion Anfield.

Tidak sampai di situ, King Kenny –julukan Dalglish– juga memberikan dua trofi Piala FA. Karena itu bisa dibilang, Dalglish adalah pemain-pelatih tersukses sejauh ini.

1. Graeme Souness (Glasgow Rangers)

Graeme Souness lima musim (1986-1991) bertugas sebagai pemain-pelatih di Glasgow Rangers. Pria yang beroperasi sebagai gelandang itu total memberikan tiga trofi Liga Skotlandia bagi publik Stadion Ibrox.

Padahal sebelum Souness datang, Rangers sempat sembilan musim puasa gelar Liga Skotlandia. Karena itu, kedatangan Souness mengembalikan hegemoni Rangers di pelataran sepakbola Skotlandia.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini