nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Guardiola Sukses Kalahkan Klopp di Liga Inggris 2018-2019

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 45 2055500 5-alasan-guardiola-sukses-kalahkan-klopp-di-liga-inggris-2018-2019-ZHleMifmcL.jpg Man City juara Liga Inggris 2018-2019. (Foto: Twitter Bernardo Silva)

MANCHESTER City berhasil keluar sebagai jawara Liga Inggris 2018-2019. Man City mampu mempertahankan gelar juara musim lalu mereka usai melalui persaingan yang sengit dengan rival utama mereka di tahun ini, yakni Liverpool. Bahkan penentuan gelar juara pun harus terjadi hingga di pertandingan pamungkas.

Man City meraih kampiun Liga Inggris 2018-2019 usai mengoleksi 98 poin atau hanya unggul satu angka saja dengan Liverpool yang tepat berada di urutan kedua. Hanya berbeda satu poin sudah membuktikan betapa sengit pertarungan kedua tim tersebut. Namun, pada akhirnya Man City yang tetap menang. Hal itu tak terlepas dari apiknya sang pelatih, Josep Guardiola, dalam hal menangani Man City.

Guardiola dirasa menjadi dalang utama mengapa Man City bisa lebih sukses ketimbang Liverpool yang diasuh oleh Jurgen Klopp musim ini. Lalu mengapa bisa demikian? Berikut Okezone sudah menemukan alasan mengapa Guardiola sukses mengalahkan tim besutan Klopp di Liga Inggris musim ini.

Berikut lima alasan Guardiola sukses kalahkan Klopp di Liga Inggris 2018-2019:

5. Pemain Pencetak Gol di Man City Lebih Banyak ketimbang Liverpool

Man City vs Liverpool

Di Liga Inggris 2018-2019, Man City menjadi tim yang paling terproduktif karena berhasil mencetak 95 gol dari 38 laga yang sudah dijalani. Perolehan jumlah gol itu kembali dikejar oleh Liverpool dengan mengumpulkan 89 gol. Ada perbedaan enam gol di antara koleksi gol mereka di musim ini.

The Citizens –julukan Man City– lebih banyak mencetak gol karena mereka memiliki banyak pemain yang bisa diandalkan untuk menyarangkan bola ke dalam gawang lawan. Tercatat koleksi gol Man City datang dari 16 pemain yang berbeda dan delapan di antaranya berhasil mencetak lebih dari lima gol.

Burnley vs Man City

Jadi Man City tak hanya mengandalkan lini serang mereka saja, namun para pemain gelandang mereka seperti David Silva, Riyad mahrez, Ilkay Gundogan, dan Bernardo Silva, juga banyak membantu tim asuhan Guardiola itu dalam hal mencetak gol. Sementara Liverpool kebanyakan berharap kepada trio lini depan mereka, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

4. Sosok Pemain Pemimpin di Man City Jauh Lebih Baik ketimbang Liverpool

Manchester City

Sosok pemimpin jelas dibutuhkan di dalam lapangan ketika pertandingan sedang berlangsung. Pemain itu bisa memberikan arahan atau suntikan moral dan semangat kepada rekan-rekan setimnya, sehingga bisa mempengaruhi jalannya pertandingan.

Untuk di Man City, mereka memiliki kapten, Vincent Kompany, yang sudah tak diragukan lagi jiwa kepemimpinannya. Bahkan Kompany terkadang sudah mencetak gol-gol penting di waktu yang sangat krusial. Selain Kompany, Man City juga memiliki Sergio Aguero yang memimpin di lini depan serta Fernandinho yang memimpin di lini tengah tim tersebut.

Berbeda dengan tim asuhan Klopp. Kapten Liverpool, Jordan Henderson, tak sehebat Kompany dalam hal memimpin rekan-rekan setimnya. Selain itu Henderson, Liverpool tak terlalu banyak memiliki pemain yang berjiwa kepemimpinan.

3. Man City Memiliki Banyak Pemain yang Bermental Juara

Manchester City

Man City memiliki begitu banyak pemain yang bermental juara. Hal tersebut dirasa sangat mempengaruhi performa mereka di sepanjang musim tentunya. Pasalnya karena mereka sudah terbiasa meraih gelar juara, mereka jadi tahu apa yang harus dilakukan, terutama ketika sedang menghadapi masa-masa terpuruk.

Berbeda dengan The Reds –julukan Liverpool–, para pemainnya banyak yang belum pernah merasakan gelar juara. Mereka masih belum tahu bagaimana rasanya menjadi jawara. Karena itu mental para pemain Liverpool yang belum pernah juara masih belum terasah. Tercatat setidaknya Man City memiliki 20 pemain lebih yang sudah merasakan mengangkat trofi. Sementara Liverpool hanya ada 14 pemain saja.

2. Man City Sudah Tak Bermain di Liga Champions saat Musim Ingin Berakhir

Man City vs Tottenham

Man City memang gagal melaju lebih jauh ke final Liga Champions 2018-2019, karena sudah tersingkir semenjak babak perempatfinal dipertandingkan. Mereka tersingkir dari Tottenham Hotspur dengan agregat 4-4, dan terbuang karena kalah perolehan gol tandang dari lawannya itu.

Akan tetapi, tersingkirnya Man City membuat tim asuhan Guardiola itu menjadi lebih fokus ke pertandingan-pertandingan Liga Inggris. Sementara Liverpool terus-terusan kebelah fokusnya karena harus memikirkan Liga Inggris dan juga Liga Champions.

1. Skuad yang Dimiliki Man City Lebih Lengkap ketimbang Liverpool

Manchester City

Bila membicarakan skuad pemain, maka Man City jelas lebih diunggulkan ketimbang Liverpool. Man City memilki skuad yang sangat dalam dan lengkap. Baik itu dimulai dari kiper hingga penyerang, Man City memiliki pemain-pemain yang hebat. Begitu juga para pemain yang mengisi bangku cadangan.

Sementara Liverpool dianggap tak terlalu banyak dimiliki pemain-pemain yang bisa dimainkan. Hal itulah yang membuat Man City bisa sukses mengalahkan Liverpool di musim ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini