Share

Rivaldo, Kunci Sukses Brasil Jawara Piala Dunia 2002

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 26 51 2048534 rivaldo-kunci-sukses-brasil-jawara-piala-dunia-2002-wIzraH3LiA.jpg Rivaldo. (Foto: AFP)

NAMA Rivaldo Vitor Borba Ferreira (Rivaldo) menjadi salah satu pemain yang berjasa besar. Hal itu saat Rivaldo mengantarkan Tim Nasional (Timnas) Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan.

Bersama bintang Brasil lain pada masa itu seperti Ronaldinho, Roberto Carlos, Cafu, hingga Ronaldo Luis Nazario de Lima (Ronaldo), Rivaldo membawa Timnas Brasil melumat Jerman di partai final dengan skor 2-0. Nama terakhir memborong semua gol Selecao -julukan Timnas Brasil- ke gawang Jerman.

Rivaldo yang beroperasi dil lini sentral tim melakukan tugasnya dengan sangat baik. Pemain yang terkenal memiliki kecepatan dan kekuatan pada kaki kirinya itu menjadi pelayan yang baik untuk Ronaldo di lini depan.

Lini pertahanan Jerman yang rapih di dibuat kocar-kacir sejak babak pertama. Meski laga berakhir imbang tanpa gol di paruh pertama, namun Tim Samba jauh lebih menguasai permainan. Hingga pada akhirnya mereka menutup laga dengan kemenangan 2-0 lewat gol Ronaldo pada menit ke 67 dan 79.

โ€œSalah satu hal terbaik dalam karier saya adalah ketika memiliki kesempatan untuk membela Timnas (Brasil). Itu akan selalu menjadi pengalaman luar biasa dalam perjalanan karier saya. Dan momen Piala Dunia (2002) akan tetap menjadi yang terbaik. Saya tampil dalam tujuh pertandingan dan membantu tim menjadi juara,โ€ ujar mantan pemain Barcelona dan AC Milan itu.

โ€œSatu-satunya yang bisa dilakukan adalah menunggu dan melihat bagaimana tim ini akan tampil. Masa lalu sudah menjadi sejarah. Pemain tampil sangat baik di 2002. Untuk saat ini kita lihat saja, tidak masuk akal jika melakukan perbandingan,โ€ tambahnya.

Brasil yang kala itu menjadi juara dunia untuk kelima kalinya, memang dinilai sangat layak menjadi juara. Performa mereka dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya terus meningkat. Apalagi ketika tim bermain pada babak knock-out, skuad asuhan Luis Felipe Scolari ini bemain semakin padu.

Rivaldo sendiri total mencetak lima gol di Piala Dunia 2002 dari tujuh Pertandingan. Hebatnya, lima gol itu dicetak beruntun oleh Rivaldo dari laga pertama fase grup hingga perempatfinal kontra Inggris.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini