nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita di Balik Kembalinya Achmad Jufriyanto ke Persib

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 49 2045335 cerita-di-balik-kembalinya-achmad-jufriyanto-ke-persib-vTZoO0ZLX7.jpg Achmad Jufriyanto dan Artur Gevorkyan (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Achmad 'Jupe' Jufriyanto dan Artur Gevorkyan sudah resmi jadi bagian Persib Bandung. Ada cerita tersendiri di balik kembalinya Jupe ke Maung Bandung. Jupe sendiri hengkang ke klub Malaysia, Kuala Lumpur FA pada awal Januari 2018. Keputusan itu sangat mengejutkan. Sebab, saat itu Jupe tergolong aman dari isu kepindahan.

Secara tiba-tiba, Jupe mengumumkan meninggalkan Persib karena terpaksa. Belakangan, diketahui ternyata Jupe tidak masuk dalam skema permainan pelatih Mario Gomez. Bahkan, Jupe disebut-sebut tidak diinginkan Gomez. Akan tetapi, cinta membawanya kembali ke Persib. Ia menjadikan Persib sebagai prioritas kariernya usai kontraknya diputus Kuala Lumpur FA akibat cedera.

Saat kembali ke Indonesia beberapa waktu lalu, Jupe pun banyak dihubungi beberapa klub. Bahkan, Persija Jakarta dikabarkan berminat menggunakan jasanya. Tapi, ia sudah terlanjur mencintai Persib. Sehingga, saat ada kesempatan kembali ke Persib, ia tidak berpikir panjang untuk menerimanya.

(Baca juga: Jadwal Babak 8 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018)

Persib Bandung

"Waktu itu saya masih free transfer. Saat saya kembali ke Indonesia, banyak yang mengetahui beritanya, makanya banyak (tim) yang menghubungi. Cuma pada saat saya keluar (dari Persib), saya sudah bicara dengan manajemen, kalau saya kembali ke Indonesia, Persib akan jadi prioritas saya," kata Jupe di Graha Persib, Kota Bandung, Kamis (18/4/2019).

Meski pernah 'tersakiti' oleh pelatih Persib, Jupe mantap kembali. Proses 'balikan' pun berjalan mulus karena selama ini ia menjalin hubungan baik dengan manajemen, pemain, dan keluarga besar Persib. Selain karena cinta, ada faktor lain yang membuat Jupe kembali. Ia merasa permainannya di Persib berjalan baik.

"Saya merasa kepercayaan diri dalam bermain, dalam apapun saya merasa bagus, merasa dapat feel-nya di sini, terutama hubungan saya dengan pemain lama juga baik," tuturnya.

Disinggung soal cedera kaki yang membuatnya dilepas Kuala Lumpur FA, Jupe mengaku sedang melakukan pemulihan sejak Januari lalu. Ia sudah menempuh berbagai cara agar bisa segera merumput. Cedera itu pun dirasa tidak terlalu serius saat ini. Ia hanya tinggal fokus melakukan pemulihan dan berlatih secara bertahap.

"Tidak ada yang serius, tidak ada sesuatu yang butuh treatment ekstra. Jadi, untuk liga nanti insya Allah saya bisa butikan, tidak ada masalah," ungkapnya.

 Pemain Persib berlatih

Bersama Persib, Jupe ingin mengulang kejayaannya. Ia ingin membawa Persib kembali meraih trofi-trofi bergengsi. Ia pun berjanji mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya demi membawa Maung Bandung jadi juara.

Disinggung soal peta persaingan ketat di lini belakang, ia tidak mempermasahkannya. Ia siap bersaing sehat dengan pemain berkelas seperti Bojan Malisic, Fabiano Beltrame, Saepuloh Maulana, M Sabilah, hingga pemain muda potensial Indra Mustafa.

Persaingan ketat dipandang sebagai hal bagus untuk tim dan ia secara pribadi. Sebab, tim memiliki banyak pilihan pemain berkualitas. Di saat yang sama, para pemain akan termotivasi untuk bisa mendapatkan posisi di tim inti.

"Itu hal positif yang bisa saya lihat. Buat saya pribadi, bermain bukan hanya di Persib, di manapun selalu ada pesaing. Jadi hal itu normal. Bukan hanya buat saya, tapi siapapun juga yang ada di Persib (persaingan) itu hal biasa," jelas Jupe

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini