nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Kali Tampil di Olimpiade, Ronaldinho Gagal Sabet Medali Emas

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042654 2-kali-tampil-di-olimpiade-ronaldinho-gagal-sabet-medali-emas-ElfZGdBovP.jpg Ronaldinho dikalahkan Messi di Olimpiade 2008. (Foto: GiveMeSport)

RONALDINHO Gaucho berkarier sebagai pesepakbola profesional selama 20 tahun, atau tepatnya dalam kurun 1998-2018. Hampir semua trofi prestisius didapatkan pria asal Brasil tersebut selama berkarier di dunia si kulit bulat.

Beberapa di antaranya adalah trofi Liga Champions, Piala Dunia, Piala Konfederasi, Copa America, FIFA World Player hingga Ballon d’Or. Akan tetapi, ada satu event ternama yang gagal dimenangi ayah satu anak tersebut.

Ronaldinho Gaucho

(Ronaldinho saat turun di Olimpiade Sydney 2000)

Ajang yang dimaksud adalah Olimpiade. Ronaldinho tercatat dua kali turun di Olimpiade, tepatnya pada 2000 (Sydney, Australia) dan 2008 (Olimpiade, Beijing). Seperti biasa, tim yang turun di Olimpiade adalah pemain yang berusia di bawah 23 tahun.

Saat itu, Ronaldinho berstatus sebagai pemain termuda karena baru berusia 20 tahun. Selain Ronaldinho, mayoritas personel Brasil U-23 saat itu berusia di atas 20 tahun. Salah satunya adalah Lucio (22 tahun) yang berperan membawa Brasil kampiun Piala Dunia 2002.

Meski berstatus sebagai pemain paling muda, Ronaldinho didewakan di skuad tersebut. Sebab, Ronaldinho menjadi pemain yang paling berpengalaman, mengingat ia saat itu sudah berstatus sebagai pemain senior Canarinha –julukan Timnas Brasil. Bahkan, Ronaldinho menjadi pemain andalan Brasil saat lolos hingga final Piala Konfederasi 1999.

Karena itu, Ronaldinho sangat diandalkan pelatih Vanderlei Luxemburgo di Olimpiade Sydney 2000. Saat itu, Brasil tergabung di Grup D bersama Jepang, Afrika Selatan dan Slovakia. Setelah melalui tiga pertandingan, Brasil keluar sebagai juara grup setelah mengoleksi enam angka.

Kala itu, Brasil menang 3-1 atas Slovakia dan 1-0 vs Jepang, namun tumbang 1-3 dari Afrika Selatan (Afsel). Finis sebagai juara Grup B membuat Brasil dipertemukan dengan runner-up Grup C, Kamerun, di babak perempatfinal.

Sayangnya, langkah Brasil terhenti di babak perempatfinal setelah ditumbangkan Kamerun 1-2. Uniknya, ketika Ronaldinho mencetak gol Brasil justru kalah. Sekadar informasi pada tiga laga awal di fase grup, Ronaldinho sama sekali gagal menciptakan gol.

Gagal merebut medali di edisi 2000 membuat Ronaldinho bertekad membela Brasil di Olimpiade selanjutnya. Sayangnya, Brasil gagal lolos ke putaran final Olimpiade 2004 yang berlangsung di Athena, Yunani.

Infografis Ronaldinho

Baru di Olimpiade 2008 Beijing, Brasil kembali tampil dan Ronaldinho ambil bagian. Saat itu, Ronaldinho yang berusia 28 tahun berstatus sebagai satu dari tiga pemain senior Selecao. Sekadar informasi di Olimpiade, setiap tim diizinkan menyertakan tiga pemain senior. Selain Ronaldinho, pelatih Carlos Dunga saat itu menyertakan Thiago Silva yang saat itu hampir berusia 24 tahun.

Di Olimpiade Beijing 2008, Brasil tergabung di Grup C bersama Belgia, China dan Selandia Baru. Brasil pun meraih hasil positif di fase grup. Tim asuhan Carlos Dunga menumbangkan Belgia 1-0, Selandia Baru (5-0) dan China (3-0). Saat mengalahkan Selandia Baru, Ronaldinho yang saat itu berseragam Barcelona mengemas dua gol.

Keluar sebagai juara grup membuat Brasil lolos ke perempatfinal dan dipertemukan dengan runner-up Grup C, Kamerun. Kali ini, Brasil dapat melakukan revans setelah menang 2-0 lewat gol-gol dari Rafael Sobis pada menit 101 dan Marcelo Vieira (105’).

Ronaldinho dan Messi

(Ronaldinho dan Messi saat bertemu di Olimpiade 2008. (Foto: Alamy)

Akan tetapi, langkah Brasil terhenti di semifinal. Saat itu, Brasil dibungkam Argentina dengan skor 0-3! Siapa otak serangan Argentina saat itu? Lionel Messi yang kini telah merebut lima trofi Ballon d’Or.

Karena itu, pupus sudah ambisi Ronaldinho merebut medali emas Olimpiade 2008. Pada akhirnya, Ronaldinho hanya merebut medali perunggu setelah di perebutan posisi tiga Selecao menumbangkan Belgia 3-0.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini