nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beberapa Trik Sepakbola yang Dipopulerkan Ronaldinho

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042619 beberapa-trik-sepakbola-yang-dipopulerkan-ronaldinho-7QzqxSFwpZ.jpg Ronaldinho saat melewati Pirlo. (Foto: YouTube)

TELAH menjadi rahasia umum Ronaldinho merupakan salah satu aktor lapangan hijau yang memiliki banyak trik sepakbola. Luar biasanya, trik-trik tersebut tidak hanya digunakan Ronaldinho untuk sekadar bergaya saja, namun juga membantunya dalam mempermudah permainan, seperti dalam melewati hadangan lawan hingga mencetak gol.

Meski terlahir dari keluarga yang menggeluti bidang sepakbola, namun kehidupan dan masa kecil Ronaldinho jauh dari kemewahan. Ronaldinho pun tinggal bersama keluarganya di lingkungan masyarakat miskin Brasil. Hal itu kemudian memaksa Ronaldinho untuk harus bisa bermain sepakbola di mana saja.

Ronaldinho Gaucho

Diakui Ronaldinho kalau teknik-teknik yang dimilikinya berasal dari futsal. Pasalnya, sulit bagi Ronaldinho kecil bermain di lapangan yang layak. Itulah mengapa Ronaldinho memiliki sentuhan yang luar biasa dan kontrol yang dekat pada bola.

“Satu-satunya rumput di lapangan ada di bagian sudut. Tidak ada rumput di tengah lapangan. Hanya ada pasir. Banyak gerakan yang saya lakukan berasal dari futsal. Ini dimainkan di ruang yang sangat kecil, dan kontrol bola berbeda di futsal. Dan hingga hari ini, kontrol bola saya sangat mirip dengan kontrol pemain futsal,” terang Ronaldinho.

Selain futsal, Ronaldinho juga cukup aktif bermain sepakbola pantai, yang membuat kontrol bola miliknya semakin terasah. Meski demikian, Ronaldinho juga patut berterima kasih kepada sang kakak, Roberto de Assis Moreira, yang telah menggemblengnya sejak kecil sehingga memiliki kemampuan olah bola mumpuni.

Sejumlah menu latihan yang diberikan Roberto kepada Ronaldinho adalah praktik menggiring bola dan penanganan di darat dan udara, mengetahui cara menekuk lutut sambil menggiring bola, belajar untuk tidak menatap bola, belajar bagaimana melakukan gerakan sementara setidaknya 1 meter dari lawan, dan belajar bagaimana mempercepat setelah setiap gerakan.

Infografis Ronaldinho

Berkat berbagai menu latihan tersebut, Ronaldinho pun menjelma menjadi pemain yang kaya teknik. Berikut ini adalah sejumlah trik sepakbola yang dipopulerkan oleh Ronaldinho, seperti Flip Flap Elastico, No Look Passing and Dribbling, Hocus Pocus, dan Jogo Bonito Style.

Saat melakukan trik-triknya tersebut, tubuh Ronaldinho di atas lapangan seolah terlihat seperti sedang menari. Itulah mengapa banyak orang mengidentifikasi Ronaldinho sebagai pesepakbola Brasil jenis penari.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini