nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ronaldinho Jadi Tokoh Penting saat Brasil Juara Piala Dunia 2002

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042614 ronaldinho-jadi-tokoh-penting-saat-brasil-juara-piala-dunia-2002-eInDUUYfyA.jpg Ronaldinho saat membawa Brasil juara Piala Dunia 2002. (Foto: Istimewa)

NAMA Ronaldinho mulai diperhitungkan setelah pada 1997 ia mengantarkan Timnas Brasil U-17 memenangi Kejuaraan Dunia FIFA. Uniknya, hanya dua tahun berselang setelah itu, yakni pada 1999, Ronaldinho langsung dipanggil ke Timnas Senior Brasil.

Saat itu Ronaldinho baru merintis karier sepakbola profesionalnya sebagai pemain Gremio. Debut Ronaldinho di Timnas Senior Brasil terjadi pada 26 Juni 1999 dalam sebuah laga persahabatan melawan Latvia. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Brasil dan Ronaldinho menyumbangkan dua assist.

Ronaldinho dan Cafu

Sejak saat itu, Ronaldinho mulai rutin dipanggil untuk memperkuat Tim Samba. Masih di tahun 1999, Ronaldinho ikut terpilih masuk ke dalam tim nasional untuk membantu Brasil di Piala Konfederasi. Brasil pun berhasil finis di posisi dua dan Ronaldinho memenangkan Golden Ball Award sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut, plus top skor lewat koleksi enam gol.

Berkat performa gemilangnya yang terus menerus ia tampilkan, Ronaldinho akhirnya terpilih menjadi bagian dari skuad Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Kala perhelatan akbar tersebut dilangsungkan, Ronaldinho sudah melebarkan sayapnya ke Eropa untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Sepanjang turnamen Piala Dunia 2002 berlangsung, Ronaldinho menjadi salah satu sosok kunci bagi Timnas Brasil. Pria kelahiran Porto Allegre itu menyumbang dua gol dan tiga assist dalam gelaran Piala Dunia 2002 dan membawa Brasil juara.

Salah satu penampilan Ronaldinho yang paling berkesan di Piala Dunia 2002 adalah saat Brasil menghadapi Inggris pada babak perempatfinal. Dalam laga tersebut, Brasil sebenarnya tertinggal 0-1 lebih dulu.

Infografis Ronaldinho

Kendati demikian, saat babak pertama memasuki injury time, Ronaldinho berhasil mengkreasikan umpan yang kemudian dikonversi menjadi gol oleh Rivaldo. Tak berhenti sampai di situ, saat babak kedua Ronaldinho pun mencetak gol kemenangan bagi Brasil, yang mengantarkan Tim Samba menuju semifinal.

Seusai gelaran Piala Dunia 2002 dihelat, Ronaldinho menjadi sosok yang banyak diperbincangkan. Pada akhirnya, ia pun meninggalkan PSG pada musim panas 2003 untuk bergabung dengan Barcelona dan mulai membuat sejarah lainnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini