nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal-usul Nama Ronaldinho hingga Menjadi Legenda

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042604 asal-usul-nama-ronaldinho-hingga-menjadi-legenda-NLHGlJokqo.jpg Ronaldinho saat membela Gremio pada 1999. (Foto: YouTube)

BANYAK orang mengenal Ronaldinho sebagai pesepakbola hebat. Kendati demikian, tak banyak yang tahu asal-usul nama Ronaldinho tersebut. Karena nama asli Ronaldinho sejatinya adalah Ronaldo de Assis Moreira.

Di Brasil, ‘inho’ memiliki arti ‘kecil.’ Dengan kata lain, nama Ronaldinho tercipta dari perpaduan kata ‘Ronaldo’ dan ‘inho’ yang jika diartikan menjadi Ronaldo kecil. Nama Ronaldinho tersebut melekat sejak sang bintang masih kanak-kanak karena dahulu ia memiliki tubuh yang kecil.

Ronaldinho mulai bermain sepakbola secara teratur sejak usia 7 tahun. Jika dibandingkan dengan anak lain seusianya, postur tubuh Ronaldinho memang bisa dikatakan lebih kecil. Dengan kata lain, nama Ronaldinho tersebut adalah nama panggilan pertamanya sebagai seorang pesepakbola.

Ronaldinho Gaucho

(Ronaldinho Gaucho saat membela Gremio pada 1999. Foto: YouTube)

Selain karena postur tubuh Ronaldinho yang memang kecil, ia juga sering bermain sepakbola dengan orang-orang yang lebih besar darinya, sehingga membuat perbedaan postur mereka semakin kentara. Ronaldinho bermain dengan anak-anak yang lebih besar karena dinilai memiliki kemampuan olah bola yang mumpuni walau bertubuh kecil.

Nama Ronaldinho semakin melekat karena saat bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Brasil ia berjumpa Ronaldo Luis Nazario de Lima. Dibandingkan dengan Ronaldo Luis, Ronaldinho berusia lebih muda. Itulah mengapa orang-orang mulai mengenalnya dengan sebutan tersebut.

Infografis Ronaldinho

“Mereka selalu memanggil saya itu (Ronaldinho) ketika saya masih kecil karena saya benar-benar kecil, dan saya bermain dengan pemain yang lebih tua dari saya. Ketika saya sampai di tim nasional senior ada Ronaldo lain, jadi mereka mulai memanggil saya Ronaldinho karena saya lebih muda,” jelas Ronaldinho dalam sebuah wawancara.

Selain memiliki kesamaan nama, Ronaldinho dengan Ronaldo juga memiliki hubungan yang dekat. Ronaldinho mengungkapkan kalau saat berada di Timnas Brasil ia banyak mendapat bimbingan dari Ronaldo. Kesuksesan yang didapat Ronaldinho kemudian, diakuinya juga terjadi karena bimbingan Ronaldo.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini