nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ronaldinho Digembleng Jadi Pesepakbola Hebat oleh sang Kakak

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 09:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042590 ronaldinho-digembleng-jadi-pesepakbola-hebat-oleh-sang-kakak-PL4eQKkGxF.jpg Ronaldinho (kanan) bersama sang kakak, Roberto. (Foto: Istimewa)

RONALDINHO memang mendapatkan inspirasi dalam bermain sepakbola dari sang ayah, Joao Moreira. Akan tetapi, yang menggembleng Ronaldinho sejak kecil hingga menjadi pemain bintang adalah sang kakak, Roberto de Assis Moreira. Tidak hanya itu, Ronaldinho juga menjadikan sosok Roberto sebagai idolanya.

Ronaldinho ditinggal sang ayah yang meninggal dunia pada usia 8 tahun. Sejak saat itu, tugas untuk mendidik Ronaldinho diambil alih oleh Roberto yang juga pesepakbola profesional. Karier Roberto sebagai pesepakbola profesional bisa dibilang cukup baik, sehingga ia bisa memberikan keluarganya kehidupan yang lebih layak. Sayangnya, cedera membuat karier Roberto sebagai pesepakbola tak bertahan lama.

Ronaldinho Gaucho

(Ronaldinho bersama sang kakak, Roberto)

Diakui oleh Ronaldinho kalau semenjak kecil ia sudah dilatih secara serius oleh Roberto. Ia kerap melakukan latihan satu lawan satu dengan Roberto. Di sisi lain, Roberto melihat potensi besar yang dimiliki oleh adiknya, sehingga ia bertekad untuk mendedikasikan waktunya melatih Ronaldinho dan mengajarinya beragam teknik.

Jadwal latihan Ronaldinho dibuat sendiri oleh Roberto. Setiap harinya, ia memberi tahu adiknya tersebut untuk mengerjakan hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Beberapa teknik seperti menggiring bola dan melakukan juggling telah menjadi bagian dari makanan Ronaldinho sehari-hari.

Ronaldinho mengakui kalau jadwal latihan yang dibuat oleh sang kakak tak pernah mudah untuk dilalui. Ia pun sering menangis karena merasa tak sanggup menjalani jadwal latihan terssebut. Akan tetapi, pada akhirnya Ronaldinho berterima kasih karena berkat gemblengan sang kakak ia bisa menuai berbagai kesuksesan.

“Roberto memaksa saya untuk melakukan juggling sebanyak 500 kali setiap hari. Dia berdiri untuk melihat saya melakukannya dan tidak akan pernah pergi sampai saya menyelesaikannya,” ujar Ronaldinho dalam sebuah kesempatan.

Infografis Ronaldinho

“Ini mengambil semua kesenangan untuk saya dan, pada usia itu, membuat saya sangat marah. Saya menangis. Saya tidak mengerti. Akan tetapi, kemudian saya mengerti apa yang dia inginkan. Roberto adalah idola saya. Dia telah melalui banyak hal dan telah membantu saya di setiap langkah. Dia telah mendorong saya untuk tidak pernah berhenti mencoba,” lanjut Ronaldinho.

Saat Ronaldinho menapaki karier sebagai pesepakbola profesional, Roberto pun bertanggung jawab dengan menjadi agen sang adik. Bisa dibilang Roberto berkontribusi besar dalam membuat Ronaldinho berkarier di klub-klub elite Eropa dan menjadi bintang sepakbola dunia.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini