nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ronaldinho Petik Filosofi Bermain Sepakbola dari sang Ayah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 51 2042583 ronaldinho-petik-filosofi-bermain-sepakbola-dari-sang-ayah-jfI3983ROU.jpg Ronaldinho Gaucho dapatkan filosofi sepakbola dari sang ayah. (Foto: YouTube)

RONALDINHO Gaucho, seorang legenda sepakbola Brasil ini terlahir di Porto Allegre pada 21 Maret 1980 dengan nama asli Ronaldo de Assis Moreira. Jika kita mengenal sosok Ronaldinho sebagai seorang pesepakbola yang bermain secara elegan, hal itu ternyata ia dapatkan dari sang ayah, Joao Moreira.

Ronaldinho sejatinya terlahir dari keluarga pesepakbola. Ayah Ronaldinho adalah seorang mantan pesepakbola untuk klub lokal. Selain itu, sang ayah juga bekerja sebagai tukang las di galangan kapal dan sempat menjadi penjaga pintu masuk kandang Cruzeiro. Sementara sang ibu, Miguelina de Assis, seorang sales kosmetik yang kemudian menjadi perawat.

Ronaldinho Gaucho

Ronaldinho memiliki seorang kakak laki-laki bernama Roberto Assis. Sama seperti sang ayah, Roberto juga seorang pesepakbola. Hanya saja, karier Roberto lebih baik dari sang ayah, di mana ia menjadi seorang pesepakbola profesional. Hal itulah yang kemudian mengantarkan Ronaldinho menekuni bidang serupa. Sejak kecil, Ronaldinho telah diperkenalkan dengan sepakbola oleh keluarganya.

“Saya berasal dari keluarga di mana sepakbola selalu ada. Paman saya, ayah saya, dan saudara saya semuanya pemain sepakbola. Hidup dengan latar belakang seperti itu, saya belajar banyak dari mereka. Saya mencoba mengabdikan diri saya untuk itu, dan terus bertambah seiring berlalunya waktu," ujar Ronaldinho dalam sebuah kesempatan.

Kebersamaan Ronaldinho dengan sang ayah sayangnya tak berlangsung lama. Pasalnya, sang ayah meninggal dunia saat Ronaldinho masih berusia 8 tahun karena serangan jantung. Meski begitu, dalam kebersamaannya yang singkat, Ronaldinho memetik banyak pelajaran berharga, baik itu mengenai kehidupan sehari-hari maupun dalam bermain sepakbola.

Dalam kehidupan sehari-hari, sang ayah selalu mengajarkan Ronaldinho untuk menjadi pribadi yang jujur. Mungkin hal ini pula yang membuat Ronaldinho selalu tersenyum, karena ia merasa tak ada yang perlu ditutupi dan menjalani hidup sebagaimana mestinya.

Infografis Ronaldinho

Sementara itu, perihal sepakbola, sang ayah selalu mengatakan untuk bermain secara sederhana. Hal itulah yang kemudian menjadi filosofi dari permainan Ronaldinho. Dengan cara-cara sederhana, Ronaldinho mampu mengecoh lawan-lawannya dan memikat para penonton. Dengan kesederhanaan itu pula sepakbola Ronaldinho menjadi elegan, hingga ia dijuluki sebgai The Magician.

“Dia (sang ayah) adalah salah satu orang paling penting bagi saya dan dalam karier saya, meskipun dia meninggal ketika saya masih sangat muda. Dia memberi saya beberapa saran terbaik yang pernah saya miliki. Di luar lapangan: 'Lakukan hal yang benar dan menjadi orang yang jujur dan jujur.' Dan di lapangan: 'Mainkan sepakbola sesederhana mungkin.' Dia selalu mengatakan salah satu hal paling rumit yang dapat Anda lakukan adalah memainkannya dengan sederhana,” terang Ronaldinho.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini