nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jordi: Guardiola Brand Ambassador Terbaik untuk Johan Cruyff

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 10 51 2041589 jordi-guardiola-brand-ambassador-terbaik-untuk-johan-cruyff-DWDmJ3ftKC.jpg Guardiola sukses besar dalam berkarier sebagai pelatih. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

AMSTERDAM – Pesepakbola legenda asal Belanda, Jordi Cruyff, mengaku kagum dengan pelatih Manchester City, Josep Guardiola. Jordi menilai, Guardiola merupakan brand ambassador atau bisa dibilang penerus dari gaya permainan atraktif yang ditunjukkan sang ayah, Johan Cruyff.

Cruyff merupakan pelaku total football yang menganut sepakbola menyerang. Karena itu ketika pensiun sebagai pemain, Cruyff sama sekali tidak meninggalkan gaya permainan menyerang yang melekat di dalam dirinya.

Johan Cruyff

(Cruyff saat masih berstatus sebagai pemain Barcelona)

Sewaktu menangani Barcelona, Cruyff menerapkan gaya sepakbola andalannya tersebut. Guardiola yang saat itu masih berstatus sebagai pemain dipercaya Cruyff sebagai pusat permainan Barcelona. Di bawah asuhan Cruyff, Barcelona pun sukses besar.

BACA JUGA: Guardiola Tetap Temukan Sisi Positif Man City Setelah Kalah di Markas Spurs

Tercatat dalam kurun 1988-1996, Cruyff menghadirkan 11 trofi bagi publik Estadio Camp Nou, salah satunya adalah gelar Liga Champions 1991-1992. Karena itu, setelah beralih profesi sebagai pelatih, Guardiola pun melanjutkan perjuangan Cruyff yang mengagungkan gaya sepakbola menyerang dengan mengandalkan serangan dari kaki ke kaki.

Gaya permainan itu ditunjukkan Guardiola bersama tim-tim asuhannya. Mulai dari Barcelona B, Barcelona, Bayern Munich dan Manchester City. Hasil yang didapatkan tim-tim asuhan Guardiola pun terhitung luar biasa. Bahkan Barcelona dibawanya meraih 14 trofi hanya dalam kurun empat musim kepelatihan.

Josep Guardiola

“Guardiola adalah brand ambassador terbaik untuk Johan Cruyff. Ia memodernisasi ide, mempromosikan dan menerapkannya di beberapa negara,” kata Jordi mengutip dari Calciomercato, Rabu (10/4/2019).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini