nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Sangka, Ada Nama Ronaldo di Daftar Skuad Brasil saat Juara Piala Dunia 1994

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 10:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 51 2039596 siapa-sangka-ada-nama-ronaldo-di-daftar-skuad-brasil-saat-juara-piala-dunia-1994-70kGsP6mFF.jpg Timnas Brasil saat menjuarai Piala Dunia 1994. (Foto: Getty Images)

BRASIL keluar sebagai juara Piala Dunia 1994 setelah di final mengalahkan Italia via adu penalti dengan skor 3-2. Sebelumnya di waktu normal, Brasil dan Italia bermain sama kuat yakni 0-0.

Saat itu, pelatih Tim Nasional (Timnas) Brasil Carlos Alberto Parreira membawa serta 22 pemain ke Amerika Serikat (AS), tempat digelarnya turnamen empat tahunan tersebut. Ternyata, Parreira membuat langkah berani saat itu.

Dari 22 pemain yang dibawa, ia menyertakan seorang bocah 17 tahun bernama Ronaldo Luis Nazario de Lima. Ronaldo bersanding dengan lima penyerang Brasil lain yang dibawa Parreira, yakni Romario Faria, Bebeto, Paulo Sergio, Luis Antonio Correa da Costa (Muller) dan Viola.

Ronaldo Luis

(Ronaldo (20) saat merayakan gol Brasil yang dicetak Romario (paling kanan). Foto: AFP)

Ronaldo pun berstatus sebagai pemain termuda saat itu. Bahkan saat itu selain Ronaldo, Parreira sama sekali tidak membawa pemain yang berusia di bawah 24 tahun. Selain Ronaldo, pemain termuda Brasil adalah Marcos Cafu, Leonardo dan Marcio Santos yang berusia 24 tahun.

Meski begitu, Parreira pastinya sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membawa Ronaldo. Sebab, Ronaldo sudah menunjukkan kelayakannya degan tampil tajam bersama Cruzeiro di Liga Brasil 1993. Meski menjalani debut di usia 17 tahun, Ronaldo mampu mencetak banyak gol untuk Cruzeiro.

Dari 14 pertandingan di Liga Brasil 1993, Ronaldo mengemas 12 gol. Pencapaian itu membuat Ronaldo dipanggil ke Timnas Brasil untuk pertama kalinya pada Maret 1994. Saat itu, Ronaldo tampil di laga debut selama 10 menit saat Brasil menang 2-0 atas Argentina.

Infografis Ronaldo Luis

Dua bulan kemudian atau pada 4 Mei 1994, Ronaldo dipercaya turun sebagai starter. Kepercayaan itu tidak disia-siakan Ronaldo yang mencetak satu gol dalam kemenangan 3-0 Brasil atas Islandia.

Meski sama sekali tidak dimainkan di Piala Dunia 1994, setidaknya pengalaman berlatih bersama pemain-pemain juara meningkatkan mental Ronaldo. Terbukti empat tahun kemudian, Ronaldo membawa Brasil lolos ke final Piala Dunia 1998 meski akhirnya takluk 0-3 dari Prancis.

Ronaldo Luis

(Ronaldo Luis saat membela Brasil di Piala Dunia 2002)

Puncaknya baru terjadi pada 2002, setelah Ronaldo membawa Canarinha –julukan Timnas Brasil– menjadi yang terbaik di Piala Dunia yang diselenggarakan di Korea-Jepang tersebut. Di partai puncak, Ronaldo memborong semua gol kemenangan 2-0 Brasil atas Jerman. Tidak sampai di situ, Ronaldo pun keluar sebagai top skor turnamen dengan koleksi 8 gol.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini