nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Karier Kante di Persepakbolaan Profesional

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 08 51 2027509 awal-karier-kante-di-persepakbolaan-profesional-EO8yuKx6pX.jpg N'Golo Kante saat membela Bolougne B. (Foto: Istimewa)

SETELAH hampir 12 tahun membela JS Suresnes, Kante akhirnya pindah ke klub yang jauh lebih besar pada musim panas 2010. Saat itu, Kante digaet klub asal Ligue 2 (kasta kedua sepakbola Prancis), Boulogne.

Akan tetapi, Kante tidak langsung tampil di utama. Kante yang saat itu baru berusia 19 tahun dimainkan di tim cadangan Bolougne. Mentas bersama Tim Bolougne B bisa dibilang keputusan yang tepat bagi Kante.

NGolo Kante

(Kante (paling kiri bawah) saat membela JS Suresnes. Foto: JS Suresnes)

Di sana, Kante dapat mengembangkan skill-nya. Sebab, kali ini Kante menghadapi lawan-lawan yang sudah masuk kategori profesional. Hal itu berbeda dengan ketika Kante masih membela JS Suresnes, yang mana mayoritas lawannya merupakan pesepakbola amatir.

Setelah berjuang selama dua musim di Tim B Bolougne, Kante akhirnya dipromosikan ke tim utama dua tahun berselang. Ia mendapatkan debut di tim senior Bolougne saat mentas di laga terakhir Ligue 1 2011-2012.

NGolo Kante

(Kante saat membela Tim B Bolougne. Foto: Istimewa)

Ia tampil di menit 79 untuk menggantikan Virgile Reset. Sayangnya, Bolougne kalah 1-2 dari tim tamu AS Monaco dan mereka pun harus rela terdegradasi ke Divisi III sepakbola Prancis, Championnat National. Pada musim 2012-2013, Kante akhirnya mendapat status pemain utama Bolougne.

Dari 38 pertandingan yang dijalani Bolougne, Kante hanya satu kali absen. Performa impresif di musim tersebut membuat Kante diboyong kontestan Ligue 2, Caen, pada bursa transfer musim panas 2013.

Meski ini merupakan musim perdananya, Kante langsung menyegel di skuad utama Caen. Kante tampil di 38 pertandingan Ligue 2 bersama Caen dengan koleksi dua gol dan dua assist. Alhasil, Caen finis di posisi tiga klasemen akhir dan berhak promosi ke Ligue 1 2014-2015.

Tampil di Ligue 1 membuat Kante semakin disorot banyak pemandu bakat. Di sepanjang 2014-2015, Kante tampil di 37 pertandingan Ligue 1 dengan koleksi dua gol dan lima assist. Catatan itu, rupanya sudah cukup bagi Kante untuk menarik perhatian Leicester City.

Infografis Ngolo Kante

Pada bursa transfer musim panas 2015, Leicester memboyong Kante dari Caen seharga 9 juta euro. Sejak kepindahan ke Leicester itulah, karier Kante berkembang pesat dengan memenangi gelar Liga Inggris bersama Leicester dan Chelsea, sekaligus mengangkat trofi Piala Dunia bareng Tim Nasional (Timnas) Prancis.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini