nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gol Dianulir, Pelatih Ajax Kritik Keputusan Wasit

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 14 261 2017953 gol-dianulir-pelatih-ajax-kritik-keputusan-wasit-xuQ0I76tSY.jpg Laga Ajax Amsterdam vs Real Madrid. (Foto: Twitter UEFA)

AMSTERDAM – Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, mengkritik keputusan wasit saat timnya bersua Real Madrid dalam laga leg I babak 16 besar Liga Champions 2018-2019. Menurutnya, wasit tak seharusnya menganulir gol perdana Ajax karena tak terjadi pelanggaran apa pun kala itu.

Sebuah keputusan yang kontroversial dikeluarkan wasit Damir Skomina saat memimpin laga yang mempertemukan Ajax dengan Madrid di Johan Cyruff Arena, Kamis (14/2/2019) dini hari WIB. Wasit memutuskan untuk menganulir gol perdana Ajax yang dicetak lewat sundulan Nicolas Tagliafico pada babak pertama. Keputusan ini diambil lantaran wasit mendapati adanya pelanggaran yang dilakukan pemain Ajax setelah menyaksikan ulang lewat video assistant referee (VAR).

Laga Ajax Amsterdam vs Real Madrid

Stiker Ajax, Dusan Tadic, didapati wasit telah lebih dulu berada dalam posisi offside dan melakukan pelanggaran terhadap kiper Madrid, Thibaut Courtois, sebelum Tagliafico mencetak gol ke gawang Los Blancos –julukan Madrid. Keputusan inilah yang sangat disayangkan oleh Ten Hag. Sebab, ia merasa tak ada pelanggaran apa pun yang dibuat oleh pemainnya saat itu.

BACA JUGA: Takluk dari Madrid, Pelatih Ajax: Kami Hanya Kurang Beruntung!

Akibat keputusan ini, Ajax pun harus menelan kerugian besar. Mereka harus takluk dari Madrid dengan skor tipis 1-2.

"Mengapa gol itu dianulir? Saya mendengar banyak alasan, offside, mengganggu kiper. Tetapi, saya tidak melihat kiper itu diserang secara ilegal," ujar Ten Hag, sebagaimana dikutip dari Fox Sport Asia, Kamis (14/2/2019).

“Momen dengan VAR bisa sangat krusial di fase kompetisi ini. Mereka dapat mengesampingkan gol. Sayang sekali, gol kami pun harus dianulir. Tapi, semua pujian tetap saya berikan untuk tim. Mereka mengikuti rencana dan bermain dengan semangat yang baik. Ini memberi kami kepercayaan diri untuk masa depan. Kami harus terus seperti ini,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini