nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zico: Messi Tak Butuh Trofi Piala Dunia untuk Jadi yang Terbaik!

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 13:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 28 51 1997076 zico-messi-tak-butuh-trofi-piala-dunia-untuk-jadi-yang-terbaik-96aYtowLR8.jpg Lionel Messi. (Foto: Reuters)

RIO DE JANEIRO – Legenda sepakbola Brasil, Zico, mengomentari kiprah Lionel Messi sebagai pesepakbola. Menurut Zico, Messi tetap menjadi pemain terbaik di dunia, meski dirinya belum pernah meraih trofi Piala Dunia bersama Tim Nasional (Timnas) Argentina.

Ketangguhan Messi di dunia sepakbola memang masih diragukan oleh beberapa pihak lantaran karier yang sukses hanya mampu ditorehkan sang pemain bersama Barcelona saja. Sementara saat membela Timnas Argentina, pemainan La Pulga –julukan Messi– justru memble. Selama 13 tahun membela Timnas Argentina, ia belum bisa sekalipun membawa tim mengangkat trofi di tim senior.

Ronaldo dan Messi Terancam Tak Masuk 3 Besar Peraih Ballon dOr 2018

Pada gelaran terakhir Piala Dunia, Messi bahkan hanya mampu membawa Argentina melangkah ke babak 16 besar. Pil pahit ini harus ditelan La Albiceleste –julukan Timnas Argentina– lantaran takluk dari Prancis dengan skor 3-4.

BACA JUGA: Hanya Duduki Posisi 5 di Ballon dOr 2018, Ini Komentar Messi

Peluang Messi untuk meraih trofi di ajang Piala Dunia bersama Argentina pun semakin kecil. Pasalnya, pada gelaran Piala Dunia selanjutnya yang berlangsung di Qatar pada 2022, Messi bakal berusia 35 tahun sehingga permainan yang apik diragukan mampu ditunjukkannya. Meski begitu, Zico menegaskan kondisi ini tetap membuat Messi berstatus sebagai pemain terbaik di dunia.

Ronaldo Kalahkan Messi Soal Jumlah Followers di Instagram

“Ini bukan sebuah frustrasi. Orang-orang sekarang ini hanya berpikir soal pencapaian. Saya pikir karier Anda, pekerjaan Anda adalah hal terpenting. Sepakbola adalah olahraga kolektif dan di banyak waktu, ini tidak tergantung pada apakah Anda main bagus. Ini tergantung dengan apakah tim bermain bagus. Kadang Anda menentukan pertandingan, namun tidak dapat menentukan sebuah kompetisi,” ujar Zico, sebagaimana dikutip dari Goal, Jumat (28/12/2018).

“Jadi, jasa Messi tidak bisa diabaikan karena ia tidak memenangkan Piala Dunia. (Johan) Cruyff tidak memenangkan Piala Dunia dan termasuk salah satu pemain terbaik dalam sejarah dan akan selalu begitu. Dan banyak pemain lain pun sama. Jika Anda bertemu pemuda, ia tidak bertanya soal karier Anda, ia bertanya, ‘Apakah Anda pernah menjadi yang terbaik di dunia? Apakah Anda pernah menjadi yang terbaik dari ini atau itu?’ Semuanya berdasarkan menjadi yang terbaik. Sepakbola adalah permainan kolektif, bukan permainan individu,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini