nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Lebih Baik Antara Conte atau Allegri? Ini Jawaban Direktur Olahraga Juventus

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 15:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 25 47 1995757 siapa-lebih-baik-antara-conte-atau-allegri-ini-jawaban-direktur-olahraga-juventus-sDPjhnebK0.jpg Conte dan Allegri sukses bersama Juventus. (Foto: REUTERS)

TURIN – Direktur Olahraga Juventus, Fabio Paratici, ditanya siapa yang lebih baik antara Antonio Conte atau Massimiliano Allegri. Pria yang sejak 2010 bekerja di Juventus itu menilai, Allegri lebih baik ketimbang Conte karena jauh lebih fleksibel, terutama dalam hal strategi.

Baik Conte dan Allegri terhitung sukses selama menangani Juventus. Selama tiga musim menangani Juventus, Conte menghadirkan lima trofi, dan tiga di antaranya merupakan gelar Liga Italia. Conte pun bisa dibilang sosok yang membangun dinasti dari kedigdayaan Juventus di kompetisi domestik saat ini.

Antonio Conte

Sementara itu, Allegri sudah 4,5 tahun menangani Juventus. Eks pelatih AC Milan itu total memberikan sembilan gelar bagi Juventus dan empat di antaranya merupakan trofi Liga Italia. Selain itu, Allegri juga dua kali meloloskan Juventus ke final Liga Champions (2014-2015 dan 2016-2017).

BACA JUGA: Siklus Bawa Cristiano Ronaldo Bobol Gawang Atalanta?

Urusan strategi, Allegri memang jauh lebih fleksibel ketimbang Conte. Conte selalu terpaku dengan pola 3-5-2. Hal itu berbeda dengan Allegri. Di masa-masa awal menangani Juventus, ia melanjutkan pola andalan Conte yakni 3-5-2.

Seiring berjalannya waktu, Allegri mengubahnya menjadi 4-3-1-2, 3-4-3 dan kini 4-3-3 jadi formasi favorit pelatih 51 tahun tersebut. Karena itulah, hasil positif sering didapatkan Juventus karena lawan sulit memprediksi formasi apa yang digunakan Paulo Dybala dan kawan-kawan.

Massimiliano Allegri

“Conte memiliki gaya bermain yang kuat. Kami harus menemukan pemain yang cocok dengan gaya permainannya. Sementara itu, Allegri jauh lebih fleksibel. Ia tidak memiliki satu sistem, ia terbuka dengan banyak solusi,” kata Paratici mengutip dari Football Italia, Selasa (25/12/2018).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini