nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2018-2019

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 261 1990567 daftar-tim-yang-lolos-ke-16-besar-liga-champions-2018-2019-XIFl77XhgN.jpg Young Boys vs Juventus (Foto: UEFA)

SEMUA pertandingan pamungkas pada fase Grup di Liga Champions 2018-2019 telah selesai digelar. Dengan demikian, maka telah diketahui tim mana saja yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Dari Grup A, Borussia Dortmund dan Atletico Madrid akan melanjutkan langkah mereka ke babak selanjutnya. Dortmund keluar sebagai juara Grup A dengan koleksi 13 poin dari enam pertandingan. Sementara itu, Atletico sejatinya memiliki jumlah poin yang sama dengan Dortmund tetapi tim asuhan Diego Simeone itu kalah head-to-head.

Marco Reus (Foto: Twitter Bundesliga)

Kemudian, Grup B akan diwakili oleh Barcelona dan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar. Barcelona lolos dengan predikat juara grup dengan koleksi 14 poin. Sementara itu, Spurs secara dramatis lolos usai menahan imbang Barcelona 1-1 pada laga pamungkas Grup B. Tim asuhan Mauricio Pochettino itu mengumpulkan delapan poin sama dengan Inter Milan di tempat ketiga, tetapi Spurs unggul head-to-head.

Lalu, Paris Saint-Germain (PSG) dan Liverpool akan mewakili Grup C pada babak selanjutnya. PSG jadi juara Grup C dengan koleksi 11 poin, unggul dua angka atas Liverpool yang ada di tempat kedua. Liverpool sejatinya memiliki jumlah poin yang sama dengan Napoli yang menempati posisi ketiga, tetapi tim asuhan Jurgen Klopp itu unggul head-to-head.

BACA JUGA: Kalah dari Young Boys, Juventus Tetap Jadi Juara Grup H

Di Grup D, FC Porto menempati tempat pertama dengan mengumpulkan 16 poin diikuti oleh Schalke 04 yang berselisih lima angka dari Iker Casillas dan kawan-kawan. Bisa dikatakan bahwa persaingan di Grup D tidaklah terlalu berat, karena tim-tim yang lolos sudah diketahui pada matchday kelima.

Sementara itu, dari Grup E Bayern Munich dan Ajax Amsterdam yang melaju ke babak selanjutnya. Bayern keluar sebagai juara Grup E dengan koleksi 14 poin, unggul dua angka dari Ajax yang ada di tempat kedua.

Man City vs Hoffenheim (Foto: UEFA)

Kemudian, Manchester City dan Olympique Lyonnais mewakili Grup F di babak 16 besar. Man City menjadi juara Grup F dengan koleksi 13 poin. Sementara itu, Lyon baru memastikan diri lolos ke babak selanjutnya setelah bermain imbang 1-1 melawan Shakhtar Donetsk di matchday pamungkas.

Di Grup G, Real Madrid dan AS Roma berhasil melangkah ke babak selanjutnya meskipun sama-sama menderita kekalahan dari lawannya masing-masing di matchday terakhir. Madrid keluar sebagai juara Grup G dengan koleksi 12 poin, unggul tiga poin dari Roma yang menempati posisi kedua.

Apa yang terjadi di Grup G, kembali terulang pada Grup H di mana dua tim yang lolos ke babak selanjutnya yakni Juventus dan Manchester United sama-sama menderita kekalahan. Kendati demikian, kekalahan itu tidak mengubah posisi kedua tim tersebut pada klasemen akhir Grup H. Juventus masih menjadi juara Grup H dengan koleksi 12 poin dan Man United yang ada di tempat kedua, selisih dua angka dari Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini