nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singkirkan Thailand, Malaysia Secara Dramatis Lolos ke Final Piala AFF 2018

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 21:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 51 1987373 singkirkan-thailand-malaysia-secara-dramatis-lolos-ke-final-piala-aff-2018-sT6vC8z0dn.jpg Malaysia lolos ke final Piala AFF 2018 usai menyingkirkan Thailand. (Foto: Twitter FAM Malaysia)

BANGKOK – Pertandingan semifinal leg II Piala AFF 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Thailand vs Malaysia di Stadion Rajamangala, pada Rabu (5/12/2018) malam WIB berlangsung dengan sengit. Terbukti dengan hingga pertandingan berakhir, papan skor terlihat 2-2. Meski hasil akhirnya imbang, namun Malaysia lebih unggul dalam hal agretivitas gol tandang. Karenanya tim asuhan Cheng- Hoe Tan itu lolos ke putaran final Piala AFF 2018.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Thailand yang bermain di hadapan pendukung sendiri terlihat sangat bersemangat untuk meraih kemenangan di pertandingan tersebut. Terlebih lagi sebenarnya satu gol saja sudah cukup untuk membuat mereka lolos ke final Piala AFF 2018. Karenanya, gempuran terus dilakukan oleh Thailand yang menggunakan jersey biru-biru pada laga tersebut.

Upaya para pemain tim asuhan Milovan Rajevac itu pun akhirnya membuahkan hasil. Tepatnya pada menit ke-21, Thailand unggul melalui gol bunuh dari yang dilakukan bek Malaysia, Irfan Zakaria. Padahal Irfan baru dimainkan pada menit ke-18, namun tiga menit berselang ia justru membuat Malaysia kebobolan.

Unggul satu angka membuat Thailand bermain tampak lebih tenang. Akan tetap karena hal tersebut Malaysia berhasil mencuri gol pada menit ke-28. Muhammad Syahmi Safari menjadi pemain Malaysia yang membuat timnya menyamakan kedudukan di babak pertama tersebut. Kini skor pun menjadi 1-1 dan secara agregat jelas Malaysia lebih diunggulkan karena telah melakukan gol tandang.

Disisa waktu babak pertama, kedua tim masih terus berupaya untuk mencetak gol. Akan tetapi wasit sudah meniupkan peluitnya yang menandakan bahwa babak pertama telah berakhir. Alhasil skor 1-1 pun harus puas didapatkan Thailand dan Malaysia di babak pertama laga tersebut.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, permainan kembali intensif kembali. Baik tim tuan rumah dan Malaysia kembali memperlihatkan permainan yang terbuka. Kedua tim saling jual beli serangan untuk menambahkan pundi-pundi gol mereka.

Usaha yang paling terlihat datang dari Thailand. Tim berjuluk Gajah Putih itu terus menekan pertahanan Malaysia sejak menit pertama babak kedua dimulai. Tak ayala pada menit ke-63 Thailand mampu mencetak gol keduanya melalui sundulan dari Pansa Hemviboon. Pansa mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Gol Pansa tersebut jelas membuat seluruh pendukung Thailand yang hadir di Stadion Rajamangala bersorak-sorai. Gol tersebut amat berarti untuk membuka peluang agar lolos ke final Piala AFF 2018.

Akan tetapi, perayaan Thailand langsung runtuh seketika saat Norsharul mencetak angka selang delapan menit dari gol Pansa sebelumnya. Pendukung Thailand langsung dibuat bungkam oleh gol tersebut. Norsharul yang berdiri bebas mampu melesatkan tendangan yang masuk ke dalam jala gawang Thailand.

Apabila laga berakhir 2-2 tentu akan menjadi mimpi buruk untuk Thailand, karena mereka dipastikan tidak lolos. Akan tetapi sebenarnya Thailand memiliki peluang ketika laga memasuki injury time, yakni melalui tendangan dari kotak penalti. Sayang Adisak Kraisorn yang menjadi pengeksekutor gagal melakukan tugasnya karena tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Tak lama peluit panjang pun dibunyikan. Skor 2-2 tetap tak berubah. Malaysia dipastikan lolos ke final karena unggul agregat gol tandangnya. Nantinya tim berjuluk Harimau Malaya itu akan melawan Vietnam atau Filipina, yang baru akan melangsungkan leg keduanya pada Kamis 6 Desember 2018 malam WIB.

Berikut susunan pemain:

Thailand XI: Budprom; Wiriya-Udomsiri, Hemviboon, Kerdkaew, Roller; Dechmitr, Puangchan, Kesarat; Jaided, Kraisorn, Tossakrai.

Malaysia XI: Farizal Marias; Nazirul Naim Che Hashim, Shahrul Saad, Aidil Zafuan, Syahmi Safari, Safawi Rasid, Syamer Kutty Abba, Akram Mahinan, Sumareh; Norshahrul Idlan Talaha; Zaquan Adha.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini