nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Teco dan Rene Alberts, Widodo Berpotensi Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 17:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 30 51 1985140 selain-teco-dan-rene-alberts-widodo-berpotensi-jadi-pelatih-timnas-indonesia-5ee5ZUbrzi.jpg Widodo saat menangani Sriwijaya FC. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Sebanyak tiga pelatih asing masuk kandidat sebagai juru taktik Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk menggantikan posisi Bima Sakti yang masa depannya terancam. Ketiga pelatih yang dimaksud ialah Stefano Cugurra Teco (Persija Jakarta), Simon McMenemy (Bhayangkara FC) dan Robert Rene Alberts (PSM Makassar).

Salah satu anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pelatih Timnas Indonesia selanjutnya kemungkinan diisi juru taktik yang berhasil membawa tim asuhannya menjuarai Liga 1 2018. Karena itu, Teco dan Rene Alberts jadi dua kandidat terdepan yang akan menangani Timnas Indonesia selanjutnya.

Teco

(Teco kandidat kuat pelatih Timnas Indonesia)

Meski begitu, bukan berarti tidak ada pelatih lokal yang tak layak dikedepankan. Nama pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, bisa ditunjuk. Eks penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu memiliki banyak modal untuk dipilih sebagai juru taktik skuad Garuda.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018, Ini Kata Saktiawan Sinaga

Secara pengalaman di level klub, Widodo tak perlu diragukan lagi. Terhitung sejak 2013, Widodo mulai berkarier bersama klub-klub Tanah Air. Sebut saja Gresik United (2013), Persepam Madura United (2015), Sriwijaya FC (2016-2017) dan Bali United (2017–2018).

Bahkan pada 2017, Widodo hampir membawa Bali United keluar sebagai kampiun Liga 1 sebelum akhirnya ditikung Bhayangkara FC di pekan-pekan terakhir. Sementara itu bersama Timnas Indonesia, Widodo juga memiliki pengalaman panjang.

Tercatat, Widodo sempat menjadi asisten Alfred Riedl saat Timnas Indonesia mentas di Piala AFF 2010 dan 2014. Karena itu, nama Widodo wajib dipertimbangkan untuk ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia selanjutnya.

Rene Alberts

(Rene Alberts sukses besar bersama PSM)

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, terus berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFF Suzuki Cup 2018, apapun hasilnya Menang ku Sanjung Kalah ku Dukung.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini