nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komentari Kiprah Jerman pada 2018, Muller: Ini Tahun Terburuk Kami!

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 10:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 51 1980505 komentari-kiprah-jerman-pada-2018-muller-ini-tahun-terburuk-kami-e4kCCsxHpT.jpg Thomas Muller. (Foto: Twitter Timnas Jerman)

GELSENKIRCHEN – Striker Tim Nasional (Timnas) Jerman, Thomas Muller, mengomentari kiprah timnya pada musim ini. Menurut Muller, 2018 menjadi tahun terburuk yang pernah dilewati Jerman di kancah internasional.

Pil pahit memang harus ditelan Jerman pada musim ini. Di ajang Piala Dunia 2018, Muller dan kawan-kawan gagal tampil perkasa sehingga harus tersingkir lebih dini atau tepatnya sejak babak penyisihan grup. Tentu saja, hasil ini sangat disayangkan dan mengejutkan semua pihak. Sebab, Jerman berstatus sebagai kampiun pada gelaran Piala Dunia sebelumnya.

Thomas Muller. Foto: AFP

Bak kehilangan taji, tim asuhan Joachim Low itu benar-benar tak mampu berbicara banyak. Dari tiga laga yang dilakoni di babak penyisihan grup, Jerman hanya bisa meraih tiga poin berkat satu kemenangan yang diraihnya atas Swedia. Sementara di ajang UEFA Nations League (UNL) A 2018-2019, Jerman terdampar di posisi juru kunci Grup 1 dan harus terdegradasi ke UNL B.

BACA JUGA: Muller: Laga Kontra Belanda seperti Film Horor

Meski begitu, Muller merasa Jerman kini perlahan telah bangkit dari keterpurukannya. Kondisi ini sangat diapresiasi oleh pemain berusia 30 tahun itu. Ia pun percaya lama-kelamaan Jerman bakal kembali tangguh.

Timnas Jerman

“Jika Anda memperhitungkan secara keseluruhan pada tahun ini, secara statistik ini adalah tahun terburuk kami. Tetapi, kami baru-baru ini memperoleh beberapa momentum baru yang dapat kami lihat untuk membangun tahun depan,” ujar Muller, sebagaimana dikutip dari Goal, Rabu (21/11/2018).

“Kami mungkin tidak akan kembali ke jajaran tim terbaik dunia, tetapi kami telah menunjukkan bahwa kami dapat memainkan sepakbola dengan baik. Bahkan, kami bisa bermain dengan sisi yang berbeda,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini