nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2018

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 20:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 09 51 1975789 hasil-pertandingan-timnas-indonesia-vs-singapura-di-piala-aff-2018-1Nnt4A2SNF.jpg Timnas Indonesia (Foto: Twitter PSSI)

SINGAPURA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia memulai langkahnya di Grup B Piala AFF 2018, dengan menghadapi Singapura di The National Stadium, Jumat (9/11/2018), pukul 19.00 WIB. Tiga poin tentunya jadi target utama dari tim asuhan Bima Sakti tersebut. Patut disayangkan, Timnas Indonesia harus takluk dengan skor tipis 0-1 dari Singapura, sehingga urung mendapatkan poin dari pertandingan perdananya di Piala AFF 2018.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit-menit awal, Singapura lebih dulu melancarkan tekanan ke pertahanan Timnas Indonesia. Akan tetapi, usaha itu masih bisa digagalkan dengan mudah oleh para pemain bertahan tim asuhan Bima Sakti tersebut.

Perlahan-lahan, Timnas Indonesia pun mulai melancarkan serangan ke pertahanan Singapura demi membuat gol cepat. Akan tetapi, usaha Timnas Indonesia pun masih urung menemui hasil.

Sempat mengancam gawang Singapura, Timnas Indonesia justru berbalik ditekan oleh tim tuan rumah. Ancaman paling berbahaya pun hadir di menit kesembilan, saat salah satu pemain Singapura mampu berhadapan satu lawan satu dengan Andritany Ardhiyasa.

Timnas Singapura (Foto: Fox Sports)

Beruntung penjaga gawang Persija itu masih cukup sigap untuk mengagalkan peluang dari Singapura tersebut. Selepas peluang itu permainan pun menjadi lebih ketat, sebab kedua tim saling melancarkan jual beli serangan.

Meskipun begitu, Singapura lebih banyak menguasai jalannya alur permainan dengan penguasaan bola yang dimiliki. Hal Itu membuat timnas Indonesia lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk balik mengancam Singapura.

Akan tetapi, pertahanan Timnas Indonesia akhirnya runtuh juga saat Harris Harun mencetak gol di menit ke-37. Kedudukan pun akhirnya berubah 1-0 untuk keunggulan Singapura atas tim tamu.

Selepas tertinggal satu gol, Timnas Indonesia pun langsung menaikkan intensitas serangannya untuk menyamakan kedudukan. Kendati demikian, usaha-usaha dari para pemain Timnas Indonesia masih menemui jalan buntu.

Tampak permainan Timnas Indonesia kurang memiliki kreatifitas sehingga setiap serangan mudah dipatahkan pertahanan Singapura. Alhasil, Timnas Indonesia pun harus menerima kenyataan tertinggal satu gol dari tim tuan rumah.

Babak Kedua

Pada babak kedua, para pemain Timnas Indonesia berusaha melancarkan serangan cepat ke pertahanan Singapura demi menyamakan kedudukan. Akan tetapi, usaha itu masih belum mampu untuk merepotkan pertahanan Singapura.

Tim asuhan Fandy Ahmad itu bermain dengan amat rapi untuk menahan setiap serangan yang diusahakan oleh para pemain Timnas Indonesia. Banyak serangan-serangan Timnas Indonesia yang sudah menemui jalan buntu saat berada di lini tengah, karena dihentikan oleh para gelandang Singapura.

Timnas Indonesia (Foto: Okezone/Heru Haryono)

Kendati demikian, tima suhan Bima Sakti itu tetap berusaha untuk melancarkan serangan ke pertahanan Singapura. Di menit ke-74, Rizky Pora melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih mampu diamankan Hassan Abdullah Sunny.

Beberapa menit berselang, Riko Simanjuntak yang masuk menggantikan Irfan Jaya pada awal babak kedua mulai memberikan dampak instan lewat aksinya dari sisi kiri pertahanan Singapura. Riko pun sempat dijatuhkan dalam kotak penalti, tetapi wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Setelah peluang tersebut, permainan Timnas Indonesia pun semakin berkembang lagi. Para pemain asuhan Bima itu mulai berani melepaskan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti Singapura untuk mencetak gol.

Akan tetapi, kondisi Timnas Indonesia justru menjadi semakin sulit saat I Putu Gede Juniantara mendapatkan kartu kuning kedua dan akhirnya harus diusir wasit keluar lapangan di injury time babak kedua. Alhasil, Febri Haryadi dan kawan-kawan harus menerima kenyataan takluk 0-1 dari Singapura.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2018.

Timnas Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.

Singapura (3-6-1): Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah, Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil; Ikhsan Fandi Ahmad.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini