nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembelian Gagal Jose Mourinho, Nomor 1 Diboyong dari Milan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 10:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 51 1975419 5-pembelian-gagal-jose-mourinho-nomor-1-diboyong-dari-milan-5zRCUHgeEt.jpg Mourinho beberapa kali salah dalam memantau kualitas seorang pemain. (Foto: REUTERS)

JOSE Mourinho merupakan salah satu pelatih terhebat yang pernah ada di sejarah dunia sepakbola. Hal itu terbukti dari keberhasilan Mourinho membawa klub-klub asuhannya menjuarai kompetisi domestik maupun antarklub Eropa.

Bahkan pada 2009-2010, Mou –sapaan akrab Mourinho– mengantarkan Inter Milan meraih treble winner, sesuatu yang tidak bisa dilakukan banyak pelatih di muka bumi ini. Meski begitu, dalam urusan mendatangkan pemain, Mourinho tidak selalu sukses.

Ada beberapa pemain berkategori bintang yang gagal total saat ditangani juru taktik berpaspor Portugal itu. siapa saja?

Berikut 5 pembelian gagal Jose Mourinho:

5. Radamel Falcao

Radamel Falcao

Setelah gagal total bersama Manchester United pada musim 2014-2015, Mourinho meyakinkan Falcao untuk bergabung bersama Chelsea di musim 2015-2016 dengan status pinjaman dari AS Monaco. Alih-alih mengeluarkan performa terbaik, El Tigre –julukan Falcao– justru melempem.

Dalam sembilan pertandingan awal di Liga Inggris 2015-2016, penyerang asal Kolombia itu hanya mengemas satu gol. Pada akhirnya di medio November 2015, Falcao terkena cedera paha akut. Sebulan kemudian, nasib apes dialami Mourinho karena harus rela terdepak dari jabatan sebagai pelatih Chelsea.

4. Nuri Sahin

Nuri Sahin

Usai mengantarkan Borussia Dortmund menjuarai Liga Jerman 2010-2011, Sahin diboyong Mourinho ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2011. Gelandang berpaspor Turki itu awalnya diplot Mourinho sebagai pendamping Xabi Alonso di lini tengah.

Namun, kenyataan tidak sesuai harapan. Sahin gagal beradaptasi dengan sepakbola Spanyol. Gelandang yang kini berseragam Werder Bremen itu hanya tampil di 10 pertandingan pada musim 2011-2012 dengan koleksi satu gol dan satu assist. Alhasil pada musim panas 2012, Sahin dipinjamkan ke Liverpool, sebelum akhirnya dilepas secara permanen ke Dortmund pada 2014.

3. Fabio Coentrao

Fabio Coentrao

Coentrao tampil memesona bersama Timnas Portugal di Piala Dunia 2010, dan bareng Benfica di musim 2010-2011. Pria yang kini berusia 30 tahun itu tak hanya andal dalam bertahan, namun juga mobile saat membangun serangan.

Karena itu, Mourinho pun memboyongnya ke Madrid pada bursa transfer musim panas 2011. Akan tetapi, Coentrao memilih klub yang salah. Sebab, saat itu Madrid sudah memiliki fullback kiri berkelas dunia atas nama Marcelo Vieira. Akibatnya, Coentrao lebih banyak duduk di bangku cadangan. Setelah sempat dipinjamkan ke Monaco dan Sporting Lisbon, Coentrao dilepas Madrid ke Rio Ave pada musim panas 2018.

2. Ricardo Quaresma

Ricardo Quaresma

Quaresma sempat mengentak sepakbola dunia lewat aksi rabonanya saat membela Barcelona di laga uji coba pada 2003. Sejak saat itu, Quaresma disebut-sebut akan tumbuh sebagai salah satu winger terbaik dunia.

Singkat kata, Quaresma diboyong ke Inter Milan asuhan Mourinho pada musim panas 2008. Selama 18 bulan ditangani Mourinho (enam bulan lainnya sempat dipinjamkan ke Chelsea), pemilik tendangan pisang mematikan itu gagal total. Ia hanya turun di 24 pertandingan Liga Italia sehingga memutuskan hengkang ke Besiktas pada musim panas 2010.

1. Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko

Sempat ada perdebatan saat Chelsea mendatangkan Andriy Shevchenko dari AC Milan pada bursa transfer musim panas 2006. Saat itu, Mourinho yang menangani Chelsea tidak setuju dengan Roman Abramovich (pemilik Chelsea) yang kekeuh mendatangkan Sheva –sapaan akrab Shevchenko.

Sebab dalam pandangan Mourinho, Chelsea sudah memiliki penyerang sekaliber Didier Drogba sehingga tidak membutuhkan jasa Sheva. Benar saja, Sheva justru tampil melempem bersama Chelsea. Dari 51 pertandingan di semua kompetisi 2006-2007, penyerang asal Ukraina itu hanya mengemas 14 gol dan 10 assist.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini