nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wenger dan Guardiola Jadi Sumber Inspirasi Henry

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 04:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 18 51 1965493 wenger-dan-guardiola-jadi-sumber-inspirasi-henry-YOgbr1kltB.jpg Arsene Wenger dan Pep Guardiola (Foto: AFP)

MONACO – Keputusan besar dibuat oleh legenda Arsenal, Thierry Henry, kala ia menerima pinangan untuk menjadi pelatih dari salah satu klub Prancis, AS Monaco. Henry mengungkapkan kalau inspirasinya menjadi seorang pelatih sepakbola datang dari para pelatihnya terdahulu, seperti Arsene Wenger dan Josep Guardiola.

Henry berada di bawah asuhan Wenger selama membela Arsenal dari musim 1999-2007. Kombinasi Henry dan Wenger sempat mengantarkan Arsenal berjaya dengan menjadi juara Liga Inggris. Henry mengungkapkan bahwa bersama Wenger, ia belajar banyak tentang arti menjadi seorang profesional.

(Baca juga: Wenger Yakin Arsenal Bisa Pertahankan Ramsey)

Henry dan Wenger

Sementara itu, kebersamaan Henry dengan Guardiola tercipta kala keduanya berjumpa di Barcelona. Henry tidak memungkiri kekagumannya kepada pelatih asal Spanyol tersebut. Ia menjelaskan kalau Guardiola memiliki ide-ide hebat soal sepakbola. Hal itu terbukti kala Barca asuhan Guardiola, di mana ada Henry di dalamnya, sukses menyabet treble winner di musim 2008-2009.

“Pep adalah referensi bagi saya, saya tidak mengatakan untuk semua orang. Saya belajar bagaimana memainkan permainan ketika saya pergi ke Barcelona di bawah asuhannya. Pep, dia bisa berbicara tentang permainan dan dia bahkan tidak akan tidur. Anda bisa tertidur dan dia akan tetap berbicara,” ungkap Henry, menukil dari Sky Sports, Kamis (18/10/2018).

Guardiola dan Henry

“Arsene membuka banyak hal dalam pikiran saya dan membuat saya mengerti apa itu menjadi seorang profesional, apa yang harus dilakukan, dan saya tidak akan pernah melupakan itu. Kalian tahu hubungan saya dengan dia, jadi tidak perlu dikatakan bahwa saya akan selalu membawa beberapa hal yang dia lakukan. Anda belajar dari orang-orang dan mereka menginspirasi Anda, tetapi Anda harus meletakkan campuran Anda sendiri di atasnya,” lanjut Henry.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini