nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liga Spanyol Dikecam karena Adakan Pertandingan di Luar Negeri

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 46 1963260 liga-spanyol-dikecam-karena-adakan-pertandingan-di-luar-negeri-ZTaZTW8zAI.JPG Deprtivo Alaves vs Real Madrid (Foto: Reuters)

BARCELONA – Rencana yang dibuat oleh pihak pengelola Liga Spanyol untuk menyelenggarakan pertandingan di luar negeri hingga saat ini semakin banyak menuai kecaman. Setelah sebelumnya penolakan rencana tersebut disampaikan oleh FIFA, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), serta Real Madrid, kini giliran mantan presiden Barcelona, Joan Gaspart, yang buka suara.

Gaspart dengan gamblang mengatakan bahwa siapa pun pihak yang menjadi dalang di balik usulan tersebut adalah tidak mengerti sepakbola. Bagi Gaspart, yang namanya pertandingan Liga Spanyol, maka harus dilakukan di negara Spanyol, tidak peduli apa pun alasannya.

(Baca juga: Meski Tampil Buruk, Petinggi Barca Pastikan Masa Depan Valverde Aman)

Real Madrid vs Atletico Madrid

Ide soal penyelenggaraan pertandingan di luar negeri tersebut sejatinya datang dari Presiden Liga Spanyol, Javier Tebas. Menurutnya, pertandingan Liga Spanyol harus dimainkan di Amerika Serikat sebagai ajang promosi guna menarik lebih banyak penggemar. Alasan Tebas yang seperti itu pun lekas dikecam oleh Gaspart. Karena menurutnya, sepakbola bukan hanya soal uang dan keuntungan.

“Orang-orang di belakang ide tersebut tidak mengerti sepakbola, mereka tidak memahami kemurniannya. Sepakbola Spanyol harus dimainkan di Spanyol dan mereka yang menjalankan permainan (pihak penyelenggara) harus memahami bahwa dalam hidup, uang bukanlah segalanya,” ujar Gaspart, mengutip dari Marca, Jumat (12/10/2018).

Barcelona vs Athletic Bilbao

“Itu menyakitkan saya bahwa Barcelona tidak menentang langkah itu sepenuhnya, bahkan mereka tampaknya telah menyambutnya di tingkat ruang rapat. Ini memalukan. Ini semua tentang menghasilkan uang tetapi melupakan unsur-unsur dasar,” lanjut Gaspart.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini