nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Bek Madrid: Cristiano Ronaldo Tak Bisa Dibandingkan dengan Maradona

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 47 1962636 eks-bek-madrid-cristiano-ronaldo-tak-bisa-dibandingkan-dengan-maradona-eiRwyuujaL.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

NAPLES – Bek Napoli, Raul Albiol, menyebut Cristiano Ronaldo tak bisa dibandingkan dengan Diego Maradona. Albiol menyebut Ronaldo memang mampu mengangkat derajat Liga Italia, namun Maradona tetaplah pesepakbola luar biasa.

Ronaldo didatangkan Juventus dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2018. Kehadiran Ronaldo membuat Liga Italia kembali diminati. Khusus bagi Juventus, kehadiran Ronaldo membuat klub asal Kota Turin itu kebanjiran sponsor.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Sementara dari segi prestasi, Juventus pun selalu menang dalam delapan laga awal yang mereka jalani di Liga Italia 2018-2019. Meski begitu, Albiol tidak melihat Ronaldo sebagai sosok yang istimewa. Sebab sebelum Ronaldo datang pun, Juventus sudah merupakan klub terkuat di Italia.

Baca juga Bersinar di Napoli, Zielinski Harusnya Gabung Liverpool

Hal itu berbeda dengan Maradona ketika pertama kali tiba di Napoli pada musim panas 1984. Pada Liga Italia 1983-1984, Napoli hanya finis di posisi 12. Akan tetapi, seiring kehadiran Maradona, prestasi Partenopei –julukan Napoli– meningkat drastis.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Selama dibela Maradona dalam kurun 1984-1991, Napoli dua kali keluar sebagai jawara Liga Italia, tepatnya pada 1986-1987 dan 1989-1990. Sekadar informasi, gelar itu merupakan yang pertama dicetak Napoli di Liga Italia.

“Liga Italia wajib mengucapkan terima kasih kepada Ronaldo. Hal yang luar biasa dapat bermain di satu liga bersama salah satu pemain terbaik dunia. Sementara itu, saya memang tidak hidup ketika Maradona menjadi idola Kota Naples. Akan tetapi, saya tahu ia memenangi dua trofi Liga Italia dan satu Piala UEFA, gelar yang sebelumnya belum pernah Napoli raih. Cristiano merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah, namun Maradona adalah Maradona,” kata Albiol mengutip dari Calciomercato, Kamis (11/10/2018).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini